Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pelihara Serena Lawas, Ini Fitur Keunggulan dan Cara Memilihnya

Kompas.com - 29/08/2023, 12:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Nissan Serena termasuk segmen multi purpose vehicle (MPV) berkelas pada zamannya. Serena dengan kode bodi C24 ini merupakan generasi kedua di Indonesia.

Mulai dipasarkan di Indonesia tahun 2004 Nissan menyuguhkan desain modern dengan body sudah mengotak berbeda dengan generasi sebelumnya.

Mobil keluarga ini dibekali mesin QR20DE 2.000 cc 4 silinder dengan teknologi modern injeksi khas Nissan. Sedangkan untuk varian yang tersedia antara lain Comfort Touring atau CT, Highway Star (HS) dan Autech.

Baca juga: Adu Spesifikasi Nissan Serena e-Power dengan Toyota Voxy

Detail perbedaannya, tipe Ct tidak dilengkapi dengan pintu geser elektrik dan kamera parkir belakang, sedangkan HS dan Autech dilengkapi dengan pintu geser elektrik di sebelah kiri dan kamera parkir belakang.

Ubahan lainnya pada varian HS sudah memiliki monitor pada kedua headrest, dan meja lipat yang sederhana, serta tirai untuk meningkatkan privasi penumpang. Sehingga membuat varian ini makin premium dan mewah.

Tipe HS juga hadir dengan fitur jok kulit, lampu sein di spion, TV sekaligus DVD player, wood panel, kamera mundur dan pintu kiri belakang elektrik, membuka-tutup tinggal pencet tombol.

Baca juga: Nissan Serena e-Power dan Toyota Voxy, Perang MPV Pintu Geser

Pada 2010, Nissan merilis varian Autech. Model ini memiliki ubahan pada gril, bumper depan dan belakang, hood top moulding, lampu kabut, side sill protector, polish alloy wheel, dan lampu kombinasi.

Terkait fitur keamanan Nissan Serena C24 telah mengadopsi SRS Airbag, anti-lock brake system (ABS) EBD dan Brake Assist. Selain itu juga terdapat fitur seat belt dan sensor parkir untuk mendukung keselamatan.

Oleh karenanya, sampai sekarang Nissan Serena C24 bekas masih banyak diincar oleh konsumen Indonesia.

Baca juga: Nissan Memajang Serena e-Power, Meluncur Tahun Depan

Rofiq Zunarto, Pemilik Kebat Motor Spesialis Nissan & Datsun mengatakan Nissan Serena C24 termasuk mobil yang bandel jika dibandingkan dengan generasi selanjutnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com