Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumpa Bus PO Agung Sejati Berkelir Pink, Ternyata Eks PO Kencana

Kompas.com - 29/08/2023, 06:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dari perusahaan otobus (PO) Agung Sejati biasanya identik dengan tampang gahar dan gagah menggunakan balutan kelir hitam berpadukan kuning emas di beberapa eksen.

Namun, kali ini Kompas.com berkesempatan bertemu dengan salah satu unit baru baru dari PO Agung Sejati yang justru tampil manis dengan kelir pink.

Ternyata bus tersebut merupakan salah satu dari tiga unit bus bekas milik PO Kencana yang sudah dibeli oleh PO Agung Sejati. Bus AKAP dengan kode AS 169 itu melayani trayek Bogor - Wonogiri dengan kelas super top. 

Baca juga: Apakah Fasilitas Reparasi Sasis dan Kabin Fuso Terima Merek Lain?

Secara spesifikasi, bus masih mengadopsi gaya khas dari PO Kencana, yakni dengan kelir pink yang dipadukan livery garis abu-abu, putih dan hitam. Tidak lupa bagian bando dan kaca spion bus berwana hitam.

Ubahan yang paling mencolok pada bagian eksterior justru ada pada logo di bemper depan bus yang kini disematkan logo singa dengan makhota yang menjadi khas PO Agung Sejati.

Kemudian, tulisan Kencana yang ada di bodi samping juga telah diubang menjadi tulisan Agung Sejati. 

"Ini pakai bodi Avante H-8 dari Karoseri Tentrem dengan sasis Mercedes Benz OH 1526 air suspension. Kalau ubahan memang tidak banyak dilakukan. Kita lebih fokus pada perbaikan atau peremajaan. Misalnya perbaikan kaki-kaki dan ganti ban dan sebagainya," kata kernet bus PO Agung Sejati. 

Bus AKAP PO Agung SejatiKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus AKAP PO Agung Sejati

Baca juga: Cara Cegah Rangka Mobil Tua Berkarat, Cuma Modal Rp 35.000

Kemudian, untuk bagian kabin juga tidak banyak melakukan ubahan, bus masih menggunakan kursi lama dari PO sebelumnya. Kursi penumpang tetap menggunakan model legrest jumbo buatan Hai Rimba Kencana.

Maka dari itu, konfigurasi dari kursi penumpang masih tetap sama yaitu 2-1. Lalu pada area paling belakang kabin bus terdapat toilet dan juga dispenser air minum. 

Sementara itu, area paling depat terdapat sekat kaca yang memisahkan ruang penumpang dan ruang kru bus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com