Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Bus Baru Perdana Pakai Sasis Euro 5

Kompas.com - 23/08/2023, 07:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sasis bus Volvo menjadi salah satu merek  yang membuat gebrakan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City,Tangerang beberapa waktu lalu. Selama 10-20 Agustus 2023, perusahaan asal Swedia tersebut memperkenalkan sasis bus terbarunya yang sudah berstandar Euro 5.

Tidak tanggung-tanggung, sasis bus Euro 5 milik Volvo digunakan tiga karoseri Indonesia, yaitu Laksana, Adi Putro, dan Tentrem. Masing-masing karoseri memamerkan satu bus baru yang ditopang oleh sasis bus Euro 5 milik Volvo. 

Sasis bus Euro 5 merupakan merupakan salah satu sasis terbaru yang diluncurkan beberapa waktu lalu oleh PT. Indotruck Utama (ITU) selaku distributor resmi Volvo di Indonesia.

Ada dua tipe sasis berstandar Euro 5 yang dipasarkan oleh Volvo,akni B11R dan B8R. Kedua sasis premium tersebut sudah dirakit lokal atau CKD oleh PT National Assemblers di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Baca juga: Spesifikasi Bus Double Decker Tentrem, Avante D2 Facelift

Berikut deretan bus baru yang pakai sasis bus berstandar Euro 5 milik Volvo secara perdana : 

1. Jetbus 5 SDD

Jetbus 5 SDD di GIIAS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Jetbus 5 SDD di GIIAS 2023

Salah satu bus baru dari booth Karoseri Adiputro yang menggunakan sasis bus Euro 5 adalah Jetbus 5 SDD.

Bus tingkat atau double decker tersebut milik PO Gunung Harta Transport Solutions. Adapun tipe sasis bus yang digunakan adalah Volvo B11R-450.

Dengan balutan bodi terbaru dari Adiputro, yakni Jetbus 5, sasis bus premium tersebut tampil menjadi kendaraan mewah dan tangguh. 

Baca juga: KTM Tertarik Rekrut Marquez buat MV Agusta pada MotoGP 2025

2. Avante Grand Captain

Avante H9 Grand Captain milik karoseri Tentrem di GIIAS 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Avante H9 Grand Captain milik karoseri Tentrem di GIIAS 2023

Avante Grand Captain dari Karoseri Tentrem juga menjadi salah satu bus yang perdana pakai sasis bus Volvo Euro 5.  Produk anyar dari Malang tersebut ditopang oleh sasis Volvo B11R dandipajang pada area paling depan booth.  Nantinya bus tersebut akan digunakan oleh (PO) Mtrans untuk layanan bus AKAP.

Baca juga: Cara Mudah Bikin Motor Tetap Prima, Jangan Abaikan 2 Hal Ini

3. Bus tingkat Legacy SR3 Double Decker Ultimate Edition

Karoseri Laksana juga meluncurkan varian baru dari SR3, yakni double decker. Ada dua unit bus double decker baru yang dipamerkan pada booth Karoseri Laksana. Yang satu merupakan punya PO Rosalia Indah, sementara satu unit lagi milik PO Harapan Jaya.

Adapun unit yang menggunakan sasis Euro 5 dari Volvo untuk pertamakalinya adalah bus baru milik PO Harapan Jaya. Tampilan bodi baru SR3 Double Decker membawa nuansa yang lebih modern dan berkelas untuk bus tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com