Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video LMPV Nyaris Kecelakaan, Hindari Truk Pindah Lajur Mendadak

Kompas.com - 22/08/2023, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan mobil LMPV ‘melintir’ di jalan tol lantaran menghindari truk yang tiba-tiba berpindah lajur.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram Dashcam Owners Indonesia, Selasa (22/8/2023), mulanya memperlihatkan lalu lintas di jalan Tol Tangerang-Merak.

Tiba-tiba, truk berwarna hijau melakukan perpindahan lajur secara mendadak, dari lajur dua ke lajur tiga. Pada waktu yang bersamaan hendak melintas mobil LMPV dengan kecepatan tinggi di lajur tiga.

Baca juga: Toyota Cetak 5.796 SPK di GIIAS 2023, Avanza Veloz Terlaris

Mobil LMPV itu pun langsung melakukan pengereman secara mendadak hingga membuat mobilnya berputar dan masuk ke lajur empat. Beruntungnya, mobil dashcam yang berada tepat di belakangnya bisa melakukan pengereman dengan baik, dan tidak terjadi tabrak belakang.

Berkaca dari kasus tersebut, nampaknya masih ada pengemudi yang belum paham keselamatan berkendara serta aturan saat melaju di jalan tol.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

“Memotong lajur di jalan tol tidak bisa sembarangan karena bisa berakibat fatal, mengingat rata-rata kecepatan di jalan tol sangat tinggi,” ucap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana.

Kemudian ketika ingin berpindah lajur, hal yang utama, pastikan lalu lintas di belakang aman dan wajib terlihat dari kaca spion. Kemudian nyalakan lampu sein sebagai tanda minta izin untuk pindah lajur.

“Jika dilihat mobil belakang tidak memberi jalan, jangan dipaksa, karena bisa berujung kecelakaan. Tunggu sampai lajur dan kondisi di belakang mobil aman,” kata Sony.

Baca juga: Nyaris Naik Podium, Alex Marquez Persiapkan Diri untuk Seri Berikutnya

Selain itu, pengemudi sebaiknya juga selalu memperhatikan kecepatan dan jarak aman saat melaju di jalan tol.

“Dengan melakukan dua hal tadi, pengemudi mampu melihat ke depan dengan jelas. Sehingga bisa mengidentifikasi objek yang ada di depan berbahaya atau tidak, mampu memprediksi dan menentukan langkah aman untuk menghindar,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com