Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All New Honda CR-V Raih Bintang Lima Hasil Tes Tabrak ASEAN NCAP

Kompas.com - 21/08/2023, 17:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda CR-V sudah terbukti keamanannya melalui hasil tes tabrak dari ASEAN NCAP. Generasi keenam CR-V ini mendapatkan predikat tertinggi, yakni bintang lima.

Secara keseluruhan, All New CR-V meraih total skor 87.16 dari 100. Mobil ini berhasil melewati serangkaian tes uji tabrak dari bagian depan dan juga sampingnya, serta pengujian fitur-fitur keselamatannya.

All New Honda CR-V berhasil meraih skor 31.45/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP). Kemudian, skor 45.81/51 didapatkan untuk Child Occupant Protection (COP). Skor 19.50/21 untuk Safety Assist Technologies (SATs), dan 9.05/16 untuk Motorcyclist Safety (MS).

Baca juga: Simulasi Kredit All New Honda CR-V Hybrid, Cicilan Mulai Rp 12 Jutaan

Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, pihak ASEAN NCAP telah melakukan pengujian teknologi serta fitur keselamatan produk-produk Honda melalui prosedur dan standar yang sangat ketat.

All New Honda CR-V 1.5 L Turbo meluncur di GIIAS 2023Kompas.com/Donny All New Honda CR-V 1.5 L Turbo meluncur di GIIAS 2023

"Pencapaian yang diraih All New CR-V semakin menunjukkan komitmen Honda terhadap keselamatan penggunanya dan mewujudkan visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi pengemudi maupun seluruh pengguna jalan lainnya,” ujar Billy, dalam keterangan resminya.

Untuk diketahui, ASEAN NCAP adalah program penilaian untuk mobil-mobil baru yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Program ini bertujuan untuk mengevaluasi standar keselamatan kendaraan, meningkatkan kesadaran konsumen, dan mendorong pasar untuk kendaraan yang lebih aman di kawasan ASEAN.

Uji tabrak yang dilakukan merupakan bentuk kolaborasi antara ASEAN NCAP dan juga Japan Automobile Research Institute (JARI). Secara umum, pengujian harus dilakukan setelah produksi massal model dimulai.

Uji Frontal Offset Impact dilakukan menggunakan boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan penumpang depan serta dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang.

Baca juga: Skema Cicilan All New Honda CR-V Turbo, per Bulan Mulai Rp 11 Jutaan

Kecepatan uji tabrakan adalah 64 kilometer per jam ketika menabrak penghalang tabrakan yang menggunakan aluminium yang dapat hancur.

Selain itu, dilakukan pula Side Impact Test, dilakukan dengan memasang boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang. MDB (Moving Deformable Barrier) mendekati mobil yang diuji situasional. Kecepatan tes adalah 50 kilometer per jam.

All New Honda CR-V 1.5 L Turbo meluncur di GIIAS 2023Kompas.com/Donny All New Honda CR-V 1.5 L Turbo meluncur di GIIAS 2023

All New CR-V telah dilengkapi dengan teknologi Honda Sensing yang merupakan teknologi canggih untuk memandu sistem berkendara.

Sistem ini menggunakan new front sensor camera serta milimeter-wave radar yang terletak pada bagian depan mobil untuk memberikan kewaspadaan dalam kondisi berkendara terhadap keadaan di sekitar kendaraan seperti mobil, sepeda motor hingga pejalan kaki.

Selain itu, telah disematkan juga berbagai fitur keselamatan tingkat tinggi lainnya, seperti Honda LaneWatch, Multi-angle Rearview Camera, Walk Away Auto Lock, Driver Attention Monitor, 8 Airbags, Hill Descent Control, Front Passenger & Rear Seat Belt Reminder, serta Rear Seat Reminder.

All New CR-V pertama kali diperkenalkan di kawasan Asia Tenggara yakni pada Maret 2023 di Thailand. Model ini kemudian diluncurkan di Indonesia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada 10 Agustus 2023. Setelah diluncurkan hingga tanggal 20 Agustus 2023, All New CR-V telah berhasil dipesan oleh konsumen sebanyak 938 unit.

Untuk model Honda CR-V sendiri telah berhasil meraih secara beruntun untuk ketiga kalinya dengan tingkat keselamatan lima bintang. Pertama pada generasi keempat di tahun 2013 dan kedua pada generasi kelima di tahun 2017, dan ketiga pada generasi keenam di tahun 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com