Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu Motor Listrik untuk Pejabat DKI Jakarta, Harga mulai Rp 20 Juta

Kompas.com - 21/08/2023, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memperbaiki kualitas udara di Ibu Kota, Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, memberlakukan aturan khusus baru.

Seluruh pejabat eselon 4 ke atas di lingkup Pemprov untuk menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB), baik mobil ataupun motor.

Budi menegaskan, salah satu upaya yang akan dilakukan untuk mendukung suksesi tersebut, adalah dengan mengalokasikan dana tunjangan dari para pejabat terkait.

"Kalau DKI kan pejabatnya memiliki tunjangan transportasi DKI, nah itu saya minta alihkan untuk dia beli motor listrik," katanya dikutip dari Kompas.com, Senin (21/8/2023).

Baca juga: Modifikasi Digital Mitsubishi XForce Bergaya Rally

Pengunjung GIIAS 2023 mencoba test ride motor listrik GratisKompas.com/Daafa Alhaqqy Pengunjung GIIAS 2023 mencoba test ride motor listrik Gratis

Dia menambahkan, regulasi mendetail terkait aturan ini akan dibahas dalam waktu dekat, supaya implementasinya bisa dimulai secepatnya.

Sebagai referensi, pilihan motor listrik berkualitas sudah semakin mudah dijumpai di pasaran, dengan spesifikasi dan rentang harga yang beragam.

Jika menimbang dari segi kebutuhan transportasi utama, maka sebaiknya dipilih motor listrik dengan baterai jenis ion lithium, karena kapaasitasnya besar dan jauh lebih efisien.

Redaksi telah merangkum beberapa motor listrik dengan daya jelajah cukup jauh yang sudah ada di pasaran saat ini :

Baca juga: Pilihan Mobil Listrik Premium untuk Pejabat Pemprov DKI Jakarta

Niu NQI Sport 26 di IIMS 2023KOMPAS.com/DONNY Niu NQI Sport 26 di IIMS 2023

- NIU NQi Sport (Rp 30,3 juta)

Motor listrik pertama berasal dari pabrikan asal China yang sudah eksis di Indonesia. NIU NQI Sport memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni

Mengusung baterai berkapasitas 60V 35Ah, motor listrik ini diklaim memiliki daya jelajah sejauh 70 kilometer.

Selain itu, Niu NQI Sport juga merupakan salah satu motor listrik dinas yang digunakan oleh Korlantas Polri untuk keperluan patroli.

Baca juga: Syarat Konversi Motor BBM ke Listrik agar Dapat Subsidi Rp 7 Juta

Motor listrik Alva One di Alva Experience Center, JakartaJanlika Putri/ Kompas.com Motor listrik Alva One di Alva Experience Center, Jakarta

- Alva One (Rp 34,9 juta)

Motor listrik selanjutnya diproduksi lokal oleh Ilectra Motor Group (IMG) dan sudah cukup dikenal masyarakat luas, khususnya karena desainnya yang seperti skutik gambot.

Baterainya berkapasitas 60V 45 Ah dengan bobot 18 Kg yang dilindungi layar IP65 yang aman dari debu dan semprotan air, serta daya jelajah sejauh 70 kilometer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com