Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Konsumen Pembeli Daihatsu Ayla

Kompas.com - 18/08/2023, 15:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat penurunan persentase pembeli mobil pertama di segmen mobil murah alias Low Cost Green car (LCGC).

Sri Agung Handayani, Director Corporate Planning & Communication Astra Daihatsu Motor ADM, mengatakan, terjadi pergeseran konsumen produk LCGC.

"Dulu Ayla didominasi 70 persen first time car buyer, kalau sekarang mulai awal launching 50 persen itu dikuasai additional buyer (pembeli mobil kedua) dan replacement buyer (pembeli mobil pengganti)," ujar Agung di Tangerang (16/8/2023).

Baca juga: Perang Diskon SUV Segmen B di GIIAS 2023, Kia Sonet Tembus Rp 30 Juta

Daihatsu Ayla 1.2 di GIIAS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Ayla 1.2 di GIIAS 2023

Menurutnya, pergeseran ini dirasakan pada hasil penjualan generasi kedua Ayla selama Maret hingga Juli. Seperti diketahui, Ayla terbaru meluncur pada Februari 2023.

Agung juga mengatakan, alasan konsumen membeli generasi kedua Ayla telah berubah, yaitu jadi mempertimbangkan eksterior, efisiensi bahan bakar dan harga terjangkau.

Sementara dahulu alasan konsumen membeli generasi pertama Ayla adalah karena harga terjangkau dan kemudahan suku cadang.

Baca juga: Bukan Soal Dana, Ini Alasan Konsumen Enggan Beli Motor Listrik

Seperti diketahui, konsep awal LCGC memang ditujukan untuk konsumen mobil pertama, terutama dari pemilik sepeda motor yang mau naik kelas.

Agung menambahkan, saat ini Ayla adalah mobil terlaris kedua di segmen LCGC dengan market share 26 persen. Adapun pada periode Januari-Juli penjualan retail Ayla mencapai 13.880 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com