Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Daihatsu Ayla Sport Diproduksi Massal

Kompas.com - 18/08/2023, 13:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memajang Daihatsu Ayla Sport sebagai contoh modifikasi yang bisa dilakukan konsumen.

Meski begitu, Daihatsu membuka peluang bagi Ayla Sport untuk diproduksi massal. Bila benar demikian, maka Ayla Sport mungkin saja bakal menjadi pesaing Honda Brio RS ataupun Agya GR Sport.

"Ayla Sport bukan murni keinginan anak muda di tempat kami, tapi ini juga hasil dari banyak research yang kami lakukan,” ujar Mark Widjaja, Industrial Design Division Head ADM di Tangerang (16/8/2023).

Baca juga: Ini 5 Mobil Termurah di GIIAS 2023, Harga mulai Rp 130 Jutaan

Daihatsu Ayla Sport tampil di GIIAS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Ayla Sport tampil di GIIAS 2023

“Jadi apakah ini akan menjadi varian yang dijual? Itu tergantung seberapa tinggi animonya, kami akan terus melakukan research," kata dia.

Secara spesifikasi, Ayla Sport menggunakan unit varian berbasis 1.2 R CVT berwarna orange. Dengan sentuhan two tone color atau dua paduan warna orange metallic dan black metallic pada bodi mobil membuat mobil ini tampil lebih sporty.

Tampilan sporty juga semakin diperkuat dengan tambahan DRL (Daytime Running Light), grille garnish, lamp painting, alloy wheel custom berdiameter 15 inci dengan sentuhan warna kombinasi orange-black yang semakin memperkuat karakter sporty-nya.

Baca juga: Perang Diskon SUV Segmen B di GIIAS 2023, Kia Sonet Tembus Rp 30 Juta

Pada sisi interior, Ayla Sport memiliki nuansa dengan aksen orange pada bagi setir, dasbor, door trim, dan center console.

Untuk lebih memperkuat kesan sporty, jok berbahan semi-leather warna hitam dengan tambahan lapisan orange.

Mark juga mengatakan, apabila riset membuktikan penilaian publik terhadap Ayla Sport baik, maka pihaknya tak menutup kemungkinan memproduksinya secara massal.

"Tapi kalau itu (animonya) bagus, maka akan menjadi concern untuk Daihatsu. Jadi, pertama kami kasih inspirasi dulu ke mereka (lewat modifikasi)," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com