Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Bisa Tiru, Hitung Biaya Modifikasi Daihatsu Ayla Sport

Kompas.com - 18/08/2023, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperlihatkan hasil modifikasi yang dilakukan pada All New Astra Daihatsu Ayla tipe 1.2 R CVT berwarna orange di pameran GIIAS 2023.

Modifikasi ini dilakukan oleh tim R&D ADM dan kabarnya sebagian besar ubahan bisa dilakukan oleh konsumen Daihatsu Ayla.

Mark Widjaja, Industrial Design Division Head ADM, mengatakan, ubahan pertama pada mobil ini adalah penerapan bodi two tone dengan kombinasi warna bodi orange dan hitam.

Baca juga: Ini 5 Mobil Termurah di GIIAS 2023, Harga mulai Rp 130 Jutaan

Daihatsu Ayla Sport tampil di GIIAS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Ayla Sport tampil di GIIAS 2023

Untuk diketahui, warna cat yang digunakan berkode R80 Orange, merupakan kelir yang bisa dipilih konsumen saat membeli Ayla generasi baru.

Berbeda dari kebanyakan konsep warna two tone, pada Ayla Sport, area warna hitam bukan stiker melainkan cat, berada di atap, pilar hingga ke sebagian bodi samping di belakang.

Selanjutnya, tim R&D ADM juga menambahkan berbagai komponen eksterior seperti garnish di bagian grill dan illumination LED untuk DRL.

Baca juga: Perang Diskon SUV Segmen B di GIIAS 2023, Kia Sonet Tembus Rp 30 Juta

Kemudian ban diganti produk bergaya semi slick, yakni GT Radial Champiro SX-R ukuran 195/50. Ban dengan kemampuan grip lebih baik ini membalut pelek 15 inci Pako-Fortis PLW15-01 warna orange di depan dan hitam di belakang.

Supaya fitment-nya makin sesuai, ADM mengurangi ketinggian mobil dengan lowering kit merek iSpring di keempat roda, sehingga mobil jadi lebih ceper 30 mm.

"Ini pernya khusus Ayla, mereknya iSpring. Pengujian kami lakukan di test course R&D. Hasilnya (pengendalian) lebih baik dari aslinya," ujar Mark di Tangerang (16/8/2023).

Baca juga: Intip Bus Baru Milik PO Efisiensi di GIIAS 2023, Mirip Kabin Pesawat

Pelek Pako-Fortis PLW15-01 pada Daihatsu Ayla Sport di GIIAS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pelek Pako-Fortis PLW15-01 pada Daihatsu Ayla Sport di GIIAS 2023

“Sudah diuji coba dengan dinaiki oleh penumpang dewasa, hasilnya aman tidak ada gejala mentok. Secara natural kenyamanan berkurang sedikit, karena per lebih keras dari kondisi standar,” kata dia.

Selain eksterior, pihak R&D ADM juga melakukan ubahan pada headunit di interior menggunakan punya Rocky yang ukurannya 9 inci.

Ubahan di kabin berlanjut pada sebagian area dasbor yang dicat pakai warna R80 Orange dan hitam X11 Black.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Gran Max Listrik yang Tampil Futuristik

Tampilan interior Daihatsu Ayla SportKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan interior Daihatsu Ayla Sport

Warna-warna orange juga tersemat pada jok yang dilapisi kulit, tuas transmisi dan juga kemudi. Adapun pada bagian sandaran kepala jok sopir dan penumpang terdapat tulisan 'Ayla Sport'.

Perihal biayanya, Mark enggan merinci modifikasi pada Ayla Sport. Meski begitu, untuk mendapatkan ubahan seperti mobil yang dipajang di pameran, biaya maksimal sekitar Rp 50 juta.

"Mobilnya tidak bisa dibeli tapi apa yang kami lakukan semuanya bisa dilakukan konsumen," kata Mark.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com