Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Mobil Listrik Mitsubishi Ek X EV, Xpander Versi Bonsai

Kompas.com - 14/08/2023, 08:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Selain meluncurkan Xforce, ada kejutan menarik lain yang disuguhkan Mitsubishi di GIIAS 2023, yakni hadirnya mobil listrik mungil Ek X Ev.

Kei car listrik yang baru dikhususkan untuk pasar Jepang ini hadir dengan ukuran kompak dan didatangkan Mitsubishi hanya untuk pameran saja.

Dilihat dari segi desain, Ek X EV memang sangat serupa, bahkan bisa dikatakan sebagai Xpander versi ‘mini’. Hal itu terbukti dari bentuk fasia keduanya yang sangat mirip.

Perbedaan yang jelas tentu dari segi dimensi. Mitsubishi Ek X EV ini terasa ringkas punya panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.655 mm, dan sumbu roda 2.495 mm.

Baca juga: Intip Spesifikasi Neta S, Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh 1.100 Km

Kei Car listrik Mitsubishi eK X EV. dok.Mitsubishi Kei Car listrik Mitsubishi eK X EV.

Bicara soal spesifikasi jeroan, ada baterai jenis litium ion berkapasitas 20.000 wH (watt hour) dengan klaim daya jelajah sejauh 180 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

Baterai tersebut dikawinkan dengan daya dinamo penggerak sebesar 47.000 watt, namun kecepatannya dibatasi di 80 kpj saja.

Untuk sektor pengisian daya, kei car listrik ini dibekali colokan jenis ChaDeMo yang merupakan standar Jepang, dengan kemampuan pengisian daya cepat, mulai 10 persen hingga penuh dalam 80 menit.

Terkait harga, Ek X EV dibaderol mulai dari 2.398.000 yen Jepang untuk varian terendah. Jika dikonversi ke Rupiah, harganya sekitar Rp 105 juta.

Sayangnya, belum ada kepastian terkait kapan mobil listrik mungil ini akan mulai dijual di Indonesia, atau berapa estimasi harganya nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com