Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coating Headlamp Bisa Bikin Lampu Utama Bebas Kuning, mulai Rp 200.000

Kompas.com - 09/08/2023, 15:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Paparan cuaca panas dan hujan yang sering menerpa mobil bisa mengakibatkan beberapa kerusakan eksterior, salah satunya headlamp yang berubah warna menjadi kuning.

Kendala semacam itu sejatinya bisa dicegah dengan beberapa penanganan mudah, seperti parkir di tempat sejuk dan tertutup, atau menggunakan sarung mobil.

Namun selain dua langkah tersebut, ada solusi lain yang jauh lebih efektif dan fleksibel untuk menjaga kecerahan warna headlamp. Cukup dengan menggunakan coating lampu yang sudah tersedia di bengkel-bengkel spesialis.

Baca juga: Ganti Lampu DRL Model Lexus, Harga mulai Rp 2 Jutaan

Proses coating mika lampu mobil yang berubah warna menjadi kuningKompas.com/Daafa Alhaqqy Proses coating mika lampu mobil yang berubah warna menjadi kuning

Dimas Faturrahman, Pemilik Bengkel Spesialis Autolamp dan Body Repair Dimas Motor, coating headlamp bisa juga dianggap sebagai investasi, untuk mempertahankan estetika mobil.

“Coatingnya hanya sekali, tapi bisa tahan bertahun-tahun dan (headlamp) enggak akan kuning. Jadi tetap kelihatan segar,” ujarnya kepada Kompas.com di Tangerang, pekan lalu.

Sebagai pemilik bengkel spesialis, dia mengatakan jika proses coating cukup mudah. Headlamp akan dibongkar terlebih dahulu dan dibersihkan, kemudian dilakukan heat treatment untuk memasang lapisan pelindung.

Baca juga: Mengapa Cat Oven Lebih Unggul dari Cat Duco dalam Perbaikan Bodi Mobil

Cat mobil terkelupas dan mika menguning karena terpapar panas matahariKOMPAS.com/daafa Cat mobil terkelupas dan mika menguning karena terpapar panas matahari

Dia menjelaskan, headlamp yang sudah dicoating akan memiliki lapisan serupa dengan kaca. Hal itulah yang mencegah warna berubah menjadi kuning

“Penyebab headlamp kuning itu karena jamur, sering kehujanan dan kepanasan juga. Masalahnya sekarang, headlamp mobil bahannya mika plastik, beda sama mobil dulu (bahan kaca),” kata dia.

Berdasarkan penuturannya, coating headlamp memiliki usia pakai selama 4 tahun untuk pemakaian berat, mobil sering diparkir di luar ruangan.

Baca juga: Pelihara Vespa Klasik Wajib Perawatan Rutin, Bukan Sekadar Dipajang

Modifikasi lampu mobil stock (belakang) dengan Projie LED variasi (depan), bikin tampilan gagahKOMPAS.com/daafa Modifikasi lampu mobil stock (belakang) dengan Projie LED variasi (depan), bikin tampilan gagah

Artinya, usia coating bahkan bisa jauh lebih lama, jika mobil selalu diparkir di tempat sejuk dan jarang terekspos cuaca.

Terkait harga, Dimas mematok banderol Rp 200.000 untuk coating saja. Namun jika headlamp sudah kuning, harus dipoles terlebih dahulu dengan biaya sebesar Rp 300.000.

“Kalau ditotal jadi Rp 500.000, tapi beda-beda tergantung jenis mobilnya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com