Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Motor Gelimpangan Gagal Lewati Tanjakan Sikut Arah Bromo

Kompas.com - 08/08/2023, 17:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bukan cuma buat mobil, pengendara sepeda motor yang melewati tanjakan curam juga butuh trik khusus agar bisa melibas jalan tersebut dengan aman.

Motor yang salah pilih jalur atau tidak memahami medan berisiko mengalami insiden di tanjakan curam, seperti yang terlihat dari video unggahan Instagram @tt_media_channel (8/8/2023).

Dari video-video yang muncul di Instagram tersebut, beragam merek jenis dan merek motor tampak kesulitan melewati rute yang terkenal dengan nama Tanjakan Sikut arah Bromo di Pasuruan, Jawa Timur.

Baca juga: Ganti Ban Sebelum Gundul, Cek Harga Ban Mobil per Agustus 2023

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh TT Media Channel (@tt_media_channel)

Beberapa motor bahkan sampai jatuh tersungkur di tikungan yang sering memakan korban itu. Oleh karenanya, pengendara perlu memperhatikan cara aman melibas tanjakan curam.

“Pertama kita harus siap dengan momentum buka gas,” ujar Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, kepada Kompas.com (8/8/2023).

“Artinya mulai dari bawah kecepatan kita harus tinggi agar motor tidak berhenti di tengah. Apabila menggunakan tipe cub atau sport maka gunakan gigi rendah,” kata dia.

Baca juga: Impresi Mengemudikan Toyota Limo Bekas Taksi, Km 300.000-an

Agus juga menyarankan agar pandangan mata pengendara harus jauh ke depan, supaya tidak ragu saat membuka gas.

“Ketiga postur badan agak membungkuk ke depan untuk menjaga keseimbangan dan beban kendaraan agar tidak jumping saat kita membuka gas,” ucap Agus.

Kemudian, jangan melakukan pengereman mendadak saat posisi sudah di tanjakan, karena akan membuat laju motor menjadi lebih berat.

“Lalu terakhir pastikan jaga keseimbangan dan tetap fokus pada rute yang akan dilewati,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com