Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dispensasi Perpanjangan SIM Hanya 2 Hari karena Server Down, Warganet Protes

Kompas.com - 07/08/2023, 13:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Polda Metro Jaya menghentikan pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk sementara karena maintenance server atau pemeliharaan jaringan. Dispensasi diberikan hanya dua hari sejak sistem pulih.

Untuk diketahui, sebelumnya, pihak Polda Metro Jaya sudah membuat pengumuman bahwa pihaknya menghentikan sementara layanan perpanjangan SIM karena tengah memperbaiki jaringan pada 2 dan 3 Agustus 2023.

Baca juga: Ujian Praktik SIM C Terbaru, Variasi Rintangan Tergantung Wilayah Satpas

Disebutkan bahwa pemegang SIM dapat melakukan perpanjangan pada 4 Agustus 2023. Namun, apabila lewat dari tanggal tersebut, maka dispensasi sudah tidak lagi berlaku.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

 

Melalui akun Instagram @tmcpoldametro, Senin (7/8/2023), Polda Metro Jaya menegaskan kembali mengenai dispensasi yang diberikan kepada pemegang SIM selama masa pemeliharaan jaringan di Data Center Korlantas Polri.

Dispensasi tersebut tertuang dalam ST/1707/VIII/YAN.1.1./2023 tentang Pelaksanaan Maintenance pada Data Center Korlantas Polri. Terdapat dua poin dalam surat pemberitahuan tersebut:

  1. Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada saat pelaksanaan maintenance, dapat diberikan dispensasi pada saat sistem pulih kembali dengan mekanisme perpanjangan.
  2. Bagi pemegang SIM pada poin satu yang tidak melaksanakan perpanjangan pada tenggang waktu 2 hari setelah sistem pulih, maka melaksanakan mekanisme penerbitan SIM baru.

Baca juga: Biaya Resmi Bikin SIM C Terbaru Setelah Materi Ujian Praktik Diubah

Belum ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai kapan pemeliharaan jaringan tersebut selesai. Redaksi Kompas.com juga sudah meminta konfirmasi kepada pihak kepolisian, namun belum juga mendapatkan jawaban.

Dua unit layanan SIM bus keliling di depan kantor Satpas DIY- Dua unit layanan SIM bus keliling di depan kantor Satpas DIY

Pada kolom komentar, tak sedikit warganet yang mengeluh karena pemberitahuan tersebut.

"Trs maintenance nya kapan kelar nya pak.. saya udh 3x bolak balik ini," tulis unggahan dari pemilik akun @nonanitta.

"Dikasih waktunya 2 hari, sistem maintenance udah beberapa hari. auto ngebludak," komentar @ravindranugroho.

"Tanggung jawabnya kasih waktu maksimal 7 hari dong pakPol. Klo 2 hari belom tentu semua bisa apalagi yg sampe cuti. Udah brp hari kalian maintenis? Mang cukup 2 hari utk cover semua pemohon yg terganggu?" ujar @ariyantyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com