Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Bus Listrik Rakitan Karoseri Adiputro Uji Coba di Tol

Kompas.com - 02/08/2023, 07:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus listrik rakitan Karoseri Adiputro membuat ramai media sosial lantaran sedang melakukan uji coba tes jalan.

Cuplikan video dari akun Instagram @maulana_umar yang diposting ulang oleh akun @fresbus menampilkan bus listrik rakitan karoseri yang berbasis di Malang tersebut tengah melintasi Jalan Tol Trans - Jawa. Banyak yang berspekulasi bila bus tersebut dalam perjalanan menuju Jakarta untuk nanti hadir di pameran GIIAS 2023.

Pada awal 2022, Karoseri Adiputro memang tengah bersiap untuk memproduksi bus listrik dengan basis Jetbus Transit.  Bus listrik tersebut hasil pengembangan sasis bus monokok yang punya dimensi yang kompak serta bisa digunakan di perkotaan serta tanpa emisi gas buang.

Baca juga: Cara Melakukan Engine Flush Mesin Mobil

Sesuai dengan rencana awal dari pembuatan, dari cuplikan video yang beredar nampak bila bus listrik tersebut tampil dengan model bus monokok. 

Bus berbentuk kotak dengan kelir putih dengan tulisan electric vehicle pada kaca belakang dan kaca samping bus. Lalu disematkan pula running teks pada kaca belakang dan kaca samping bus. 

Untuk lebih mempertegas bila bus sedang melakukan uji coba,  terdapat tulisan bus sedang uji coba tanpa penumpang pada kertas yang ditempel di kaca bus bagian belakang. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by freshbus (@freshbus)

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Bedanya Ban Motor Swallow dan Sandal Jepit

Bus juga sudah menggunakan pelat nomor dengan garis warna biru yang menjadi identitas kendaraan listrik dengan nomor B 7013 SYX. Namun, belum diketahui secara pasti bus tersebut menggunakan sasis dari merek apa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com