Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda CX-60 Meluncur, Diklaim Lebih Premium dari CX-9

Kompas.com - 26/07/2023, 13:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda kembali menghadirkan SUV premium di Indonesia. Kali ini, CX-60 yang dihadirkan dan menjadi model tertinggi di antara jajaran model Mazda lainnya yang sudah meluncur.

Sebelum CX-60 meluncur, posisi SUV premium tertinggi Mazda dipegang oleh CX-9. SUV tersebut dibanderol dengan harga Rp 970 jutaan, nyaris Rp 1 miliar.

Baca juga: Bocoran Harga Mazda CX-60, Tembus Rp 1,1 Miliar

CX-9 dibekali dengan mesin SKYACTIV-G 2.5 L turbo, 4-silinder sejajar. Tersedia dua pilihan sistem penggerak roda, yakni penggerak depan (FWD) dan penggerak semua roda (AWD).

Mazda CX-60Kompas.com/Donny Mazda CX-60

Sementara CX-60, dibekali dengan mesin yang berbeda dan lebih bertenaga. SUV mewah tersebut mengandalkan mesin e-SKYACTIV-G 3.3 L turbo, 6-silinder sejajar, dan menggunakan AWD. Selain itu, mesinnya juga dilengkapi dengan teknologi mild hybrid.

Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio, mengatakan, CX-60 menjadi segmentasi paling tinggi di antara model Mazda lainnya, lebih premium dari CX-9.

Baca juga: Mazda CX-60 Meluncur, Tenaganya Bisa Tembus 300 HP Lebih

"Dibilang lebih premium dari CX-9, karena kita sudah bukan lagi kuantitas dan kualitas, tapi filosofi," ujar Ricky, saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mazda CX-60Kompas.com/Donny Mazda CX-60

Ricky menambahkan, secara dimensi, CX-60 memang sedikit lebih kecil dari CX-9. Soal harga, CX-60 juga dibanderol lebih tinggi dari CX-9.

"Target konsumennya adalah orang yang mau mengeluarkan lebih dan mengerti tentang nilai mobil Mazda, yang mengerti tentang filosofi Jinba-Ittai," kata Ricky.

Untuk diketahui, CX-60 dibangun menggunakan filosofi Jinba-Ittai. Filosofi ini mendefinisikan hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com