Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Kembali Produksi Massal Mesin Rotari

Kompas.com - 25/06/2023, 11:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Carscoops

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan otomotif asal Jepang, Mazda mengumumkan secara resmi akan kembali memproduksi mesin rotari (rotary engine) miliknya yang legendaris.

Melansir Carscoops, Sabtu (24/6/2023), keputusan ini untuk pertama kalinya selama lebih dari satu dekade mesin rotari terakhir masuk produksi masal. Produk terakhir yang menggunakan dapur pacu tersebut ialah RX-8 pada 2012 lalu.

Hanya saja dalam keterangan tersebut, perseroan belum mengungkapkan secara rinci mengenai mesin dimaksud dan bakal diaplikasikan ke mana. Tapi yang paling besar punya kemungkinan ialah RX-9 terbaru.

Baca juga: Libur Idul Adha 2023, Layanan Perpanjangan SIM Ditutup

Mesin Roatarydok.Carscoops Mesin Roatary

Diketahui, rotary engine dikenal dengan dengan mesin wankel, yaitu mesin yang menghasilkan energi atau pembakaran melalui gerakan rotasi. Pembakarannya, dihasilkan dari piston segitiga yang berputar pada rotor yang digerakkan oleh poros.

Mesin Wankel diciptakan oleh Dr Felix Wankel, seorang insinyur mesin dari Jerman pada 1954. Mesin rotari merupakan bagian sejarah kesuksesan Mazda sejak pertama kali diperkenalkan, tepatnya pada 30 Mei 1967 pada Cosmo Sport 110S.

Untuk mendukung kinerja ini, putaran piston segitiga dibantu oleh kompresi atau tekanan.

Jika mesin secara umum menggunakan piston yang bergerak naik turun dalam langkah kerja, mesin rotari menggunakan rotor berbentuk segitiga yang gerakannya berputar atau rotari.

Namun, akibat perkembangan industri otomotif khususnya mengenai standar dari emisi dan efisiensi bahan bakar pada produk kendaraan bermotor, mesin rotari itu ditinggalkan dan diganti dengan piston.

Baca juga: Cerita Ahmad Dhani Beli Suzuki Jimny Sierra, Sudah Tangan Kelima

Ilustrasi kerja mesin rotary Mazdadok.Carscoops Ilustrasi kerja mesin rotary Mazda

Sebab mobil yang dilengkapi mesin rotari bakal lebih boros oli karena mesin membutuhkan oli langsung masuk ke ruang mesin. Akibatnya, mobil lebih sering meletup dan oli juga ikut terbakar.

Sayangnya, Mazda belum mengungkapkan secara detail mesin rotari RX-9 baru yang akan digunakan pada MX-30 e-SKYACTIV R-EV. Mobil ini adalah crossover hybrid plug-in, yang memiliki paket baterai 17,8 kWh yang menggerakkan motor listrik 168 hp (125 kW / 170 PS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com