Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda MX-5 Stop Pemesanan di Jepang, Indonesia Lanjut Terus

Kompas.com - 22/07/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda MX-5 sudah dipasarkan sejak tahun lalu, di mana peluncurannya digelar pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Sedan sport ini ternyata dihentikan pemesanannya di Jepang.

Saat redaksi mengakses situs resmi Mazda Jepang, terlihat ada pemberitahuan bahwa MX-5 untuk saat ini dihentikan pemesanannya. Namun, tidak disebutkan apa alasannya dan sampai berapa lama.

Baca juga: Pakai Dalam Kota, Konsumsi BBM MX-5 RF Manual Capai 9,6 Kpl

"Roadster telah berhenti menerima pesanan untuk model saat ini (model penyempurnaan produk tahun 2022). Penjualan akan berakhir segera setelah stok di toko habis. Selain itu, meskipun toko memiliki stok, mungkin ada beberapa kasus di mana tidak memungkinkan untuk memenuhi permintaan pelanggan, seperti warna bodi atau opsi. Kami akan memberi tahu Anda kapan penjualan akan dilanjutkan," tulis keterangan dalam situs Mazda Jepang.

Mazda Jepang hentikan pemesanan MX-5 tanpa alasan dan waktu yang jelasDok. Mazda Mazda Jepang hentikan pemesanan MX-5 tanpa alasan dan waktu yang jelas

Sementara di Indonesia, roadster jagoan Mazda ini cukup tinggi peminatnya. Saat pertama kali diluncurkan, MX-5 yang lebih dikenal dengan Miata ini langsung terjual 22 unit.

Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio mengatakan, terkait informasi pada situs resmi Mazda Jepang, hanya berlaku untuk pasar Jepang.

Baca juga: Ulik Fitur Mazda MX-5 Manual di Jalur Perkotaan

"Sejak IPM 6 terbaru yang kami umumkan di GIIAS tahun lalu, dan kami bawa di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, penjualan MX-5 semakin meningkat," ujar Ricky, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Mazda MX-5KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Mazda MX-5

Ricky menambahkan, untuk pemesanannya sendiri masih inden. Durasi paling cepat sekitar 3-6 bulan, setelah pemesanan dilakukan.

Saat ini, PT EMI menawarkan Mazda MX-5 dengan dua tipe yang dibedakan berdasarkan sistem transmisinya. Untuk tipe manual, dibanderol Rp 849,9 juta (OTR Jakarta). Sementara tipe otomatis, harganya Rp 859,9 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com