Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Servis Mobil Merek Amerika Lebih Mahal dari Merek Jepang?

Kompas.com - 21/07/2023, 15:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit yang mengatakan bahwa mobil-mobil merek Amerika Serikat seperti Chevrolet dan Ford memiliki harga suku cadang yang mahal dan sulit didapatkan.

Hal ini disebut-sebut menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat Indonesia berpikir dua kali untuk membeli mobil dari Negeri Paman Sam itu.

Anggapan itu juga merembet ke mobil bekas Amerika, harga jual kembalinya turun dibandingkan mobil merek Jepang lain seperti Toyota atau Daihatsu.

Baca juga: Dikenal Minim Penyakit, Ini Masalah pada Chevrolet Captiva

Namun anggapan tersebut tampaknya kini dapat dibantah, pasalnya spare part dan biaya servis mobil Amerika saat ini hampir setara dengan mobil pabrikan Jepang, bahkan bisa lebih murah.

“Stigma itu kayaknya sudah tidak pas, mungkin kalau zaman dulu iya,” ucap Rasim Rusdianto, pemilik dari bengkel spesialis Chevrolet, Mentari Motor, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta Selatan, Kamis (20/7/2023).

Servis mobil Chevrolet di Mentari MotorKompas.com/Nanda Servis mobil Chevrolet di Mentari Motor

“Selama ini tidak ada kendala dari segi komponen, malah cenderung lebih murah dari mobil Jepang yang fast moving. Karena beberapa kali mengerjakan mobil Jepang ya tidak murah-murah amat juga,” lanjutnya.

Terlebih lagi menurut Rasim, khusus Chevrolet kini sudah ditunjang dengan produk aftermarket dari General Motor bernama ACDelco, sehingga secara kualitas tidak berbeda dengan part OEM (Original Equipment Manufacturing).

“Jadi untuk fast moving saat ini malah cenderung lebih murah Amerika dibanding Jepang, karena ditunjang dengan genuine part ACDelco,” kata Rasim.

Baca juga: Mau Rawat Chevrolet Spin, Ketahui Dahulu Penyakitnya

Sebagai perbandingan, untuk biaya ganti parts seperti oli mesin dan filter Chevrolet Spin 1.5 AT 2015 membutuhkan biaya Rp 450.000, sementara untuk penggantian oli mesin dan filter Toyota Avanza G AT 2015 berdasarkan keterangan dari situs Auto2000 membutuhkan biaya Rp 477.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com