Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Perilaku Sepele yang Bikin Motor Listrik Cepat Rusak | Mobil Pelat Dinas TNI Mengebut Lawan Arah, Diduga Oknum

Kompas.com - 21/07/2023, 06:36 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Supaya kondisi motor listrik senantiasa terawat, pengguna wajib memahami langkah-langkah perawatan khusus. Satu hal yang wajib diperhatikan, ternyata ada perilaku sepele sehingga bisa menimbulkan kerusakan.

Perilaku yang dimaksud, yakni sering parkir motor listrik di area terbuka dan tanpa pelindung, sehingga mudah terkena panas.

Selain itu, video mobil lawan arah memakai pelat dinas TNI viral di media sosial. Pengemudi yang lawan arah itu mengatakan menuju ke Mabes TNI AD di daerah Monas pada malam hari.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia, tidak dijelaskan rinci lokasi kejadian perkara, hanya terlihat bahwa waktu kejadian sekitar pukul 21.00 WIB.

Dalam video, dicurigai bahwa pengemudi mobil yang menggunakan pelat TNI itu ialah oknum. Namun, karena memakai pelat dinas TNI, pengemudi tersebut jadi arogan di jalan sehingga melawan arah.

Baca juga: Avanza-Veloz Kuasai Pasar LMPV, Stargazer Geser Ertiga

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 20 Juli 2023

1. Perilaku Sepele yang Bikin Motor Listrik Cepat Rusak

Ternyata, suhu panas terus menerus bisa sangat mempengaruhi kualitas baterai motor listrik, karena bisa picu kerusakan seperti kembung, bahkan mati mendadak.

Adyta Muhammad Sina, pemilik bengkel spesialis motor listrik EVCentrum menjelaskan, selayaknya komponen elektronik pada umumnya, baterai juga bisa mengalami overheat.

Baca juga: Perilaku Sepele yang Bikin Motor Listrik Cepat Rusak

2. Mobil Pelat Dinas TNI Mengebut Lawan Arah, Diduga Oknum

Video mobil lawan arah memakai pelat dinas TNI viral di media sosial. Foto: Tangkapan layar Video mobil lawan arah memakai pelat dinas TNI viral di media sosial.

Dalam video pengemudi yang lawan arah tersebut memang terlihat berpikir cukup lama ketika ditanya soal lokasi tujuannya. Sampai akhirnya menyebut Mabes TNI ada di Monas. "Merah itu plat TNI. Mabes TNI tu di Cilangkap. Bukan di Monas. Monas itu Mabes TNI AD," tulis penjelasan video dikutip Kompas.com, Kamis (20/7/2023).

Budiyanto, pengamat transportasi dan hukum mengatakan, penggunaan pelat dinas atau pelat nomor sakti lain sering menimbulkan polemik yakni pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat.

Baca juga: Mobil Pelat Dinas TNI Mengebut Lawan Arah, Diduga Oknum

3. Kenapa Desain Motor Listrik Banyak yang Mirip Vespa?

Motor listrik Greentech mirip dengan vespa klasikKOMPAS.com/daafa Motor listrik Greentech mirip dengan vespa klasik

Sepeda motor listrik lansiran terbaru yang banyak beredar di pasaran cenderung memiliki kemiripan, yakni mengusung desain seperti Vespa.

Hal ini terkadang memicu kebingungan dari para konsumen, karena ada beberapa motor listrik dengan merek berbeda tapi mengusung model yang sama, selayaknya skutik Eropa.

Baca juga: Kenapa Desain Motor Listrik Banyak yang Mirip Vespa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com