Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Starbus Luncurkan Bus Medium Supermewah Rakitan Adiputro

Kompas.com - 12/07/2023, 10:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Otobus (PO) Starbus baru saja meluncurkan satu unit medium bus baru rakitan Karoseri Adiputro.

Beda dari medium bus pada umumnya, bus anyar milik PO yang masih satu grup dengan PO Sinar Jaya tersebut menggunakan kabin yang dirancang supermewah. 

Kendaraan yang nantinya digunakan sebagai bus pariwisata tersebut menggunakan balutan bodi Jetbus3+ MD.

Baca juga: Benarkah Grafir Nopol di Kaca Spion Mobil Efektif Cegah Pencurian?

Kemudian, bagian fasia depan bus tampil dengan model double glass dengan bando terbaru milik Adiputro.

Pada bagian tengah bando disematkan aksen garis krom melengkung yang membuat tampang bus lebih atraktif. Lalu pada bagian kaca samping bus tampil lebih bersih lantaran tidak sematkan ornamen selendang.

Dapur pacu dari bus ditopang oleh Mercedes-Benz OF 917 L dengan panjang 10 meter, lebar 2,3 meter, dan tinggi 3,4 meter. Lalu, tipe mesin bus menggunakan model mesin depan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

Secara visual, eksterior bus masih menggunakan DNA dari bus Starbus, yakni menggunakan kelir putih dengan sentuhan logo perusahaan yang berbetuk lingkaran biru di bodi samping. Lalu, tidak ketinggalan dengan livery berbentuk bintang-bintang.

Bila ingin masih ke kabin bus dari pintu depan, pintu tidak bisa dibuka begitu saja dari luar karena dirancang secara otomatis. Pintu menggunakan kontrol pembuka dan penutup pintu yang bisa dikendalikan oleh tombol dahsbor kemudi sopir. Sementara untuk pintu belakang masih menggunakan sistem manual dengan model slide. 

Adapun untuk desain kabin dirancang mewah menggunakan balutan wood panel dengan berbagai detail premium. Kabin bus terbagi atas 3 ruang atau 3 area dengan fungsi yang berbeda.

Pada area depan merupakan ruang khusus kru bus yang kemudian dipisahkan dengan sekat pemisah model kaca. Kemudian, dibalik sekat tersebut atau area tengah merupakan ruang khusus penumpang. Lalu, pada area paling belakang merupakan mini pantry dan toilet. 

Kabin medium bus mewah punya PO StarbusInstagram @adiputro_official Kabin medium bus mewah punya PO Starbus

Baca juga: Subsidi Angkutan Umum Kota Dikaji Ulang Kemenhub

Pada area tengah, kursi penumpang menggunakan legrest dengan konfigurasi 2-1. Lalu, model jendela menggunakan tirai yang tarik ke atas atau bawah. 

Selanjutnya, di area paling belakang disematkan pula satu sofa untuk bersantai yang menghadap ke TV. Bagian bawah TV dilengkapi dengan kulkas, microwave, dan dispenser. 

Sementara itu, di bagian samping bus terdapat wastafel yang uniknya untuk area bawahnya merupakan toilet yang menjorok ke bawah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com