Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Truk Menabrak Tembok Pembatas Gerbang Tol Jatiasih

Kompas.com - 06/07/2023, 17:39 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini viral video truk menabrak tembok pembatas jalan atau road barrier di gerbang Tol Jatiasih, Bekasi.

Pada video yang di unggah oleh Instagram @cetul_22 tersebut tidak disebutkan bagaimana kronologi dan kapan video tersebut terjadi.

Begitu dekat dengan gerbang tol, bukannya berjalan lurus agar sopir bisa menempelkan kartu e-Toll, truk kontainer itu malah jalur dan melibas barrier benton tersebut. Akibatnya, truk tersangkut di atas tembok pembatas, kemudian kaca bagian depan rusak.

Baca juga: Korlantas Sebut Hanya Polisi Bersertifikat yang Boleh Tilang Manual

Kemudian, nampak bila tim derek mobil dari Jasa Marga telah datang ke lokasi kejadian untuk menolong. Namun tidak diketahui apakah ada korban atau tidak.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, ada beberapa kemungkinan mengapa truk alami kondisi tersebut.

“Kemungkinan yang pertama adalah sopir truk mengantuk, sehingga dia tidak bisa masuk presisi keruang gate yang tersedia,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (6/7/2023).

Kemungkinan yang kedua adalah sopir panik karena mencari kartu e-Toll untuk tab ke loket karena jatuh di dek. Lalu kemungkinan yang ketiga adalah truk alami rem blong sehingga hilang kendali.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cetul_22 (@cetul_22)

Baca juga: Bus PO Mahendra Transport Pasang Klakson Basuri Harga Rp 6 Juta


Terkait dengan kemungkinan yang ketiga, bila truk memang alami rem blong, menurut Sony langkah yang dilakukan sudah tepat.

Hal tersebut lantaran bila kendaraan alami rem blong, maka tindakan yang paling ideal adalah menabrakan unit kendaraan ke objek yang statis.

Dengan langkah tersebut, bisa meminimalisir resiko menghilangkan nyawa, dengan catatan mengurangi laju kendaraan terlebih dahulu.

“Untuk informasi, barrier tersebut efektif untuk menanggulangi rem blong pada kendaraan di gerbang tol,” kata Sony.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com