Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jack Miller Bantah Kritik Marquez Sering Mengeluh Soal Motor

Kompas.com - 06/07/2023, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini pebalap Red Bull KTM Jack Miller mengeluarkan pendapat bahwa saat ini pebalap dari pabrikan lain banyak mengeluhkan soal performa motor.

Miller memang tidak menyebutkan nama namun banyak pihak mengasumsikan dia bicara mengenai Marc Marquez. Sebab Baby Alien memang tengah kesulitan bangkit usai mengalami cedera lengan kanan pada 2020 lalu.

Baca juga: Berapa Biaya Kepemilikan United TX3000 dalam Satu Tahun Pemakaian?

Marc Marquez mengacungkan jari tengah kepada Honda RC213V yang membuatnya hampir terjatuh pada MotoGP Jerman 2023.Dok. GPone.com Marc Marquez mengacungkan jari tengah kepada Honda RC213V yang membuatnya hampir terjatuh pada MotoGP Jerman 2023.

Miller kini memberikan pernyataan tambahan. Dia mengatakan tidak pernah menyudutkan Marquez dengan komentarnya, jika ada yang menghubungkannya dengan Marquez maka itu interpretasi sendiri.

“Saya ditanyai setelah balapan di GP Jerman karena beberapa pebalap memiliki 'motor yang buruk'. Saya kemudian menjawab: 'Ya mereka memiliki sepeda yang buruk'," kata Miller dilansir dari Crash, Kamis (6/7/2023).

“Jika Anda mengatakan ini tentang (Marquez), itu interpretasi Anda. Bukan tempat saya untuk memberi nasihat kepada siapa pun. Saya hanya memberikan pendapat saya tentang situasinya. Itu saja," ujar dia.

Baca juga: Ducati Tidak Setuju Sistem Kualifikasi MotoGP Diubah

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez. Artikel ini berisi jadwal race MotoGP Spanyol 2023. Artikel ini berisi link live streaming MotoGP Spanyol 2023.Dok. @ktmfactoryracing Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez. Artikel ini berisi jadwal race MotoGP Spanyol 2023. Artikel ini berisi link live streaming MotoGP Spanyol 2023.

Pebalap asal Australia itu mengatakan lagipula jika dilihat komentarnya buat keseluruhan kondisi MotoGP saat ini, bukan hanya ke satu orang atau satu pabrikan saja.

“Saya telah dimintai pendapat saya dan telah mengumumkannya. Saya tidak hanya memikirkan situasi Honda, saya juga berbicara tentang situasi seluruh paddock MotoGP," kata Miller.

“Karena alasan mengapa kami berada di sini adalah banyaknya pabrikan yang berbeda. Jika kami terus seperti ini dan melakukan hal buruk, kami tidak akan memiliki kejuaraan (seperti ini). Sesimpel itu," kata Miller.

Sebelumnya Miller mengatakan, banyak pebalap yang terlalu banyak soal tunggangannya. Miller mengatakan hanya pebalap KTM yang tidak pernah mengeluh secara terbuka soal kondisi motor.

Baca juga: Hindari Kebiasan Ini Saat di Tanjakan, Bikin Kopling Cepat Aus

Reaksi Fabio Quartararo (kiri) dan Franco Morbidelli (kanan) saat melihat desain baru motor tim Monster Energy Yamaha untuk MotoGP 2023 dalam acara Yamaha Indonesia Motor Manufacturing's 2023 '3S Dealer Meeting' di Jakarta pada Selasa (17/1/2023).Dok. Monster Energy Yamaha Reaksi Fabio Quartararo (kiri) dan Franco Morbidelli (kanan) saat melihat desain baru motor tim Monster Energy Yamaha untuk MotoGP 2023 dalam acara Yamaha Indonesia Motor Manufacturing's 2023 '3S Dealer Meeting' di Jakarta pada Selasa (17/1/2023).

"Kami (KTM) satu-satunya yang tidak mengeluh tentang motor kami dan kami benar-benar mencoba sesuatu, untuk memperbaikinya. Orang lain, semua yang mereka lakukan hanya membuang mainan mereka dan mengatakan 'Motor saya kotoran', sesederhana itu," ujar Miller.

Menurut Miller, motor pabrikan lain mengalami masalah adalah karena ulah pebalap itu sendiri. Pebalap membawa mekanik atau kepala mekanik andalannya ke dalam tim barunya.

"Jadi, itu salah mereka sendiri. Semua orang ingin mengeluh tentang motornya, tidak ada yang melakukan sesuatu. Diam saja dan selesaikan pekerjaan Anda. Anda dibayar untuk mengendarai motor, bukan untuk menjadi tuan putri dan mengeluh tentang motor," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com