Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Bawa Mobil Pribadi, Tips Aman Simpan Barang di Mobil

Kompas.com - 30/06/2023, 13:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu cuti bersama Hari Raya Idul Adha 2023 atau liburan sekolah anak-anak. Salah satu yang populer ialah berlibur bersama keluarga atau kerabat terdekat menggunakan mobil pribadi.

Sejurus dengan hal tersebut, Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) lantas memprediksi akan ada lebih dari 1.000 kendaraan yang melakukan perjalanan keluar Jabotabek selama periode itu, atau 29 Juni 2023 sampai 2 Juli 2023.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan mobil, jangan sampai luput untk memperhatikan berbagai aspek penting seperti cara aman menyimpan barang supaya menekan potensi pencurian.

Baca juga: Prestasi Jeblok dan Pebalap Cedera, Bos Repsol Honda Bingung

Ilustrasi Pencurianvchal Ilustrasi Pencurian

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, menyarankan jangan sembarangan menaruh benda di dalam mobil.

Sebab tak ada yang tahu kapan dan di mana terdapat orang lain yang berniat berbuat kejatahan. Terlebih pencuri saat ini bisa menggunakan modus pecah kaca, yang bisa dilakukan dalam hitungan detik.

Oleh sebab itu, pemilik mobil wajib mencari tempat parkir yang berdekatan dengan keramaian agar mudah terpantau siapa saja.

Kemudian hindari tempat parkir yang sepi dan agak tersembunyi, serta usahakan pilih tempat yang diawasi kamera CCTV.

Baca juga: Mulai 3 Juli 2023 Ada Pemutihan Pajak Kendaraan di Jawa Barat

Ilustrasi pencurian begal pecah kaca mobilwhichcar.co.au Ilustrasi pencurian begal pecah kaca mobil

“Jangan taruh barang berharga di dalam kabin. Kalau terpaksa, gunakan kompartemen tertutup seperti glove box, laci, bagasi. Manfaatkan tirai penutup jendela maupun bagasi apabila tersedia,” kata Sony, kepada Kompas.com belum lama ini.

Sony menambahkan, apabila memungkinkan, bawalah barang berharga kemanapun Anda pergi. Selain itu, simpan di kolong jok mobil atau tutup dengan sesuatu agar terlihat samar dari luar.

Ketika berkemudi pun, jangan terlihat mencolok seperti menggunakan perihasan berlebih karena bisa mengundang para pencuri untuk meluncurkan aksinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com