Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Idul Adha 2023, Volume Kendaraan Tol Cipali Diprediksi Naik

Kompas.com - 28/06/2023, 12:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan memprediksi jumlah volume lalu lintas di ruas Tol Cipali akan meningkat sebesar 39 persen sepanjang periode libur Hari Raya Idul Adha 2023.

Proyeksi kenaikan tersebut terhitung selama periode 27 juni 2023 sampai 2 Juli 2023, dengan puncak arus yang akan terjadi hari ini, Rabu (28/6/2023).

Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo memprediksi arus lalu lintas hari ini akan mengalami kenaikan sebesar 64 persen, menjadi 80.815 kendaraan yang melintas di ruas terkait.

Baca juga: Awas Macet, Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Libur Idul Adha 2023

Jalan Tol Cipali.KOMPAS.com/MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Jalan Tol Cipali.

"Arus balik tertinggi akan jatuh pada hari Minggu, 2 Juli 2023 naik sebesar 33 persen yaitu 83.673 kendaraan melintas," ujar Sri dalam siaran persnya, Rabu.

Untuk menyambut periode libur panjang ini, pihaknya disebut akan melakukan peningkatan pelayanan dan kualitas ruas jalan tol, armada, petugas layanan lalu lintas, dan rest area.

Langkah terkait dilakukan guna memastikan keselamatan para pengguna jalan.

Peningkatan kualitas jalan dilakukan dari KM 72 hingga KM 100 baik jalur arah Cirebon maupun Jakarta, KM 134 arah Cirebon dan KM 176 arah Cirebon terdiri dari Rekonstruksi Rigid dan Scrap Fill (SF) di area flexible pavement.

Baca juga: Libur Idul Adha 2023, Catat Cara Cek Lokasi SPBU Terdekat via Ponsel

Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pemerintah mencatat terdapat lonjakan pemudik di berbagai moda transportasi, salah satunya di jalan tol yang mencapai 6000 kendaraan per jam pada H-2 Lebaran.ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZAR Sejumlah kendaraan memadati jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pemerintah mencatat terdapat lonjakan pemudik di berbagai moda transportasi, salah satunya di jalan tol yang mencapai 6000 kendaraan per jam pada H-2 Lebaran.

Adapun seluruh pekerjaan di ruas tol Cipali, lanjut Sri, juga sudah diberhentikan sementara dan semua lajur dioperasikan secara normal. Sehingga pengguna jalan tidak akan terhambat oleh pekerjaan di jalan tol.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan kepolisian setempat terkait dengan situasi dan kondisi lalu lintas di masa liburan panjang Idul Adha ini,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com