Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Muzammil, Pemenang Festival Vokasi AHM yang Senang Motor Jadul

Kompas.com - 28/06/2023, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Festival Vokasi Satu Hati 2023 yang dilaksanakan Astra Honda Motor (AHM), menjadi momen untuk mencari pemenang pada kompetisi seluruh SMK binaan AHM.

Pada kategori siswa, Ahmad Muzammil dari SMK Negeri 1 Suboh Situbondo, Jawa Timur menjadi pemenangnya. Siswa kelahiran 2004 ini berhasil mengalahkan ratusan peserta lainnya di Festival Vokasi yang rangkaiannya mulai sejak Februari 2023.

"Seleksi, jalan satu bulan baru terpilih, masuk 5 besar, kemudian diseleksi lagi dari 98 sekolah," ucap Muzammil di Cikarang, Selasa (26/6/2023).

Baca juga: Festival Vokasi 2023 AHM, Berikut Daftar Pemenangnya

Festival Vokasi Satu Hati 2023 yang diadakan oleh Astra Honda Motor Kompas.com/Fathan Festival Vokasi Satu Hati 2023 yang diadakan oleh Astra Honda Motor

Muzammil bilang kalau sejak kecil sudah senang dengan motor. Kalau melihat di sekitar rumahnya, ada bengkel motor biasa yang biasa dia jadikan tempat untuk sekadar lihat-lihat.

"Daerah rumah kebanyakan bengkel biasa, sering ikut," kata Muzammil.

Selama belajar di SMK, Muzammil merasa untuk motor Honda yang paling sulit ditangani adalah jenis sport karena fiturnya lebih canggih. Sedangkan untuk cub (bebek) maupun matik dirasa cukup mudah diselesaikan kalau ada masalah.

Baca juga: Bagaimana Menghadapi Lane Hogger di Jalan Tol?


Padahal di rumah, Muzammil punya motor sport Honda pada zamannya, yakni GL Max. Bahkan di rumah, motor tersebut kerap jadi bahan belajar, dibongkar sampai dioprek.

"Lebih susah motor (sport) sekarang karena sudah injeksi, dulu kan masih karburator. Lebih senang (ngoprek) motor klasik," kata Muzammil.

Muzammil mendapatkan beasiswa kuliah di Politeknik Astra (ASTRAtech) selama 6 semester atau hingga lulus dan satu laptop serta satu unit motor sport Honda untuk fasilitas praktik sekolah.

Jadi setelah lulus, Muzammil akan langsung melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan. Mengumpulkan ilmu lebih banyak lagi sebelum akhirnya akan bekerja di kemudian hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com