Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur di Dalam Mobil Listrik dengan AC Menyala, Apakah Juga Berbahaya?

Kompas.com - 28/06/2023, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat cuaca panas terik, ada kebiasaan orang kemudian mengadem di dalam mobil dengan kondisi AC menyala. Kebiasaan tersebut berbahaya jika dilakukan dengan mobil bermesin konvensional. Tapi, bagaimana dengan mobil listrik?

Beberapa kali terjadi insiden orang meninggal karena tertidur di dalam mobil dengan kondisi AC yang menyala. Tapi, mobil yang digunakan adalah mobil konvensional yang masih menghasilkan gas buang.

Baca juga: Sekeluarga Tewas Usai Bermalam di Mobil dengan AC Menyala, Ini Penyebabnya

Saat mesin mobil menyala, akan menghasilkan gas karbon monoksida (CO). Jika terjadi kebocoran di dalam kabin, gas tersebut bisa saja masuk dan penumpang di dalamnya keracunan karena tidak ada sirkulasi udara.

Mobil listrik Honda eKompas.com/Donny Mobil listrik Honda e

Apalagi, gas karbon monoksida tidak berwarna dan tidak berbau. Sehingga, sulit sekali bagi penumpang untuk menyadari ada kebocoran tersebut.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, mengatakan, risiko bahaya menyalakan AC ketika mobil berhenti adalah keracunan gas CO yang merupakan hasil pembakaran.

Baca juga: Kabin Mobil Tidak Dingin Jangan Langsung Salahkan AC

Modifikasi Wuling Air ev bergaya street racingPhoto by dressupgarage Modifikasi Wuling Air ev bergaya street racing

"Mobil listrik tidak menghasilkan gas buang, sehingga aman terhadap risiko tersebut," ujar Danang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Jadi, yang berbahaya dari ngadem di dalam mobil dengan AC menyala bukanlah AC itu sendiri, melainkan gas buang yang dihasilkan mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com