Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susah Cari Ban Wuling Air ev, Ganti Ukuran Jadi Solusi

Kompas.com - 22/06/2023, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Air ev menggunakan ban dengan ukuran 12 inci. Pilihannya sangat terbatas, sehingga banyak yang mencari solusi dengan mengganti ukurannya.

Untuk diketahui, Air ev menggunakan ban yang cukup mungil dengan ukuran 145/70 R12, tergolong langka di pasar aftermarket. Sejauh ini, hanya Air ev, mobil penumpang yang menggunakan ban dengan ukuran tersebut.

Baca juga: Video Viral Pemilik Wuling Air ev Kesulitan Beli Ban Baru

Salah satu solusinya adalah mengganti ukuran roda, baik pelek maupun bannya, ke ukuran yang lebih umum. Sehingga, jika suatu saat ban sudah perlu diganti, tidak repot lagi mencarinya.

Modifikasi Wuling Air ev bergaya street racing Photo by dressupgarage Modifikasi Wuling Air ev bergaya street racing

Reindy Riupassa, dari rumah modifikasi BTX Concept, mengatakan, Air ev bisa diganti dengan roda berukuran ring 13 atau ring 14. Menurutnya, jika ingin lebih keren, biasanya pakai ring 14.

"Jika pemilihan bannya pas, offset-nya juga pas, bikin mobil juga lebih stabil. Sebab, ban sebelumnya kan berukuran 145/70 R12, kita ganti menggunakan ban 165/55 R14. Jadi, tapaknya itu lebih lebar, lebih stabil, rasanya juga enggak limbung," ujar Reindy, saat dihubungi Komaps.com, belum lama ini.

Baca juga: Mitsubishi Siapkan Mobil Listrik Mungil untuk Jegal Wuling Air EV

Reindy menambahkan, untuk ban berukuran ring 12 memang masih susah di pasaran. Jadi, pilihannya mungkin ada di ban-ban yang ukurannya lebih lebar, seperti 165.

Referensi Modifikasi Sederhana Wuling Air ev di PEVS 2023Kompas.com/Nanda Referensi Modifikasi Sederhana Wuling Air ev di PEVS 2023

Manajer Pemasaran Produk Gajah Tunggal Tbk Eko Supriyatin, mengatakan, pihaknya memiliki ban mobil dengan ring 12, yakni GT Champiro BXT Plus. Ban tersebut juga sampai sekarang masih diproduksi.

"BXT Plus yang 12 inci, sama dengan ukurannya Wuling Air ev, yaitu 145/70 R12," kata Eko, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Modifikasi Wuling Air evdoc pribadi Reindy Riupassa (GA Wrap) Modifikasi Wuling Air ev

Ban tersebut bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengganti ban Air ev. Namun, perlu diketahui bahwa GT Champiro BXT Plus bukan diproduksi khusus untuk mobil listrik.

Sehingga, jika mobil listrik menggunakan ban biasa, tentu akan ada konsekuensi pada jarak tempuh. Hal tersebut juga sudah dijelaskan oleh pihak Wuling Motors.

Modifikasi mobil listrik Wuling Air ev di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023Dok. Wuling Modifikasi mobil listrik Wuling Air ev di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, mengatakan, mengganti ban atau pelek bisa memengaruhi performa mobil listrik. Untuk performa yang optimal, disarankan pakai sesuai dengan ukuran yang aslinya.

"Pada kendaraan listrik seperti Air ev, ukuran dan bobot ban bisa memengaruhi jarak tempuh. Jadi bisa saja dengan pelek yang lebih besar, jadi bobot bertambah dan jarak tempuh berkurang," ujarnya, beberapa waktu lalu.

"Kalau sudah di tangan konsumen sebenarnya bisa-bisa saja (ganti ban). Cuma nanti ada beberapa konsekuensi yang mungkin memengaruhi ke jarak tempuh, kemungkinan vehicle dinamics jadi beda, kenyamanan sedikit terpengaruh," kata Danang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com