Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Jatuh Melulu, Quartararo Malah Kasih Ucapan Selamat

Kompas.com - 19/06/2023, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez lagi-lagi mengalami nasib buruk di MotoGP Jerman. Rider berusia 30 tahun itu tercatat lima kali kecelakaan di Sirkuit Sachsenring pada akhir pekan lalu.

Kecelakaan paling parah terjadi pada sesi warm up, di mana rider asap Spanyol itu mengalami highside hingga membuat dirinya terpelanting dari motor cukup keras. Akibat insiden itu, Marquez mengalami retak pada jari tangannya.

Pebalap lain yang menyaksikan kecelakaan tersebut mengaku prihatin dengan apa yang menimpa Marquez, salah satunya adalah Fabio Quartararo.

Quartararo mengatakan, bukan hal mudah bagi Marquez untuk kembali tampil kompetitif dengan kondisi tubuh yang berbeda, terutama usai dirinya mengalami cedera parah pada 2020 silam.

Baca juga: Selisih Rp 10 Juta, Apa Bedanya XL7 Hybrid Beta dan Alpha?

“Sulit bagi Marquez. Dia mengalami cedera pada tahun 2020, sejak itu dia berhasil naik podium dan menang. Bagi saya dia yang terbaik, dia selalu memberikan 100 persen kemampuannya setiap balapan,” ucap Quartararo, dikutip dari Speedweek, Senin (19/6/2023).

Pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, divonis menderita retak di jari tangan kirinya setelah mengalami kecelakaan high side pada sesi Warm Up MotoGP Jerman 2023 pada Minggu (18/6/2023) sore WIB.TANGKAPAN LAYAR Pebalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, divonis menderita retak di jari tangan kirinya setelah mengalami kecelakaan high side pada sesi Warm Up MotoGP Jerman 2023 pada Minggu (18/6/2023) sore WIB.

Di sisi lain, Quartararo juga mengagumi mental Marquez usai alami kecelakaan 5 kali di MotoGP Jerman.

“Siapa pebalap yang kecelakaan lima kali untuk menjadi lebih baik dan meraih kemenangan? Secara mental dia adalah salah satu yang terkuat di MotoGP,” kata Quartararo.

“Dia mengalami cedera pada Minggu pagi karena terlalu mendorong diri secara maksimal. Kedengarannya mungkin aneh, tapi saya mengucapkan selamat kepadanya atas apa yang dia lakukan,” lanjutnya.

Baca juga: Francesco Bagnaia Tegas Menolak Ada Team Order di Ducati

Seperti diketahui, bukan cuma Honda, pabrikan Yamaha juga sedang mengalami kesulitan selama musim 2023. Untuk itu, Quartararo mengaku paham dengan apa yang dialami oleh Marquez.

“Kami harus berurusan dengan apa yang kami miliki. Honda sedikit lebih baik dalam berbelok, kami lebih baik dalam pengereman. Itu sedikit mengurangi risiko jatuh untuk kita. Saya pikir semua orang di sini mengerti Marc,” kata Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com