Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Mundur di GP Jerman, Marc Marquez Siapkan Diri Balapan di Belanda

Kompas.com - 19/06/2023, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasib buruk masih menghantui pebalap Repsol Honda Marc Marquez.

Marquez mengalami lima kali kecelakaan saat MotoGP Jerman, yakni pada latihan bebas, sesi kualifikasi, dan terakhir pada sesi pemanasan pada Minggu (18/6/2023) sore, sebelum pabalap berusia 30 tahun itu menjalani balapan utama.

The Baby Alien mengalami highside pada sesi warm up, hingga membuat dirinya terpelanting dari motor cukup keras. Akibat kecelakaan itu, Marquez mengalami retak pada jari tangannya, namun ia masih diberi lampu hijau untuk balapan di MotoGP Jerman.

Baca juga: Dominasi Motor Ducati di Sachsenring, Semuanya Masuk 10 Besar

Belajar dari kesalahan masa lalu, Marquez kemudian memutuskan untuk tidak mengambil risiko dan absen pada GP Jerman.

“Setelah mengalami empat sampai lima kecelakaan, apalagi pagi ini, saya tidak siap untuk balapan. Jadi saya memutuskan untuk tidak memaksakan diri, karena masih ada lagi yang akan datang di Belanda,” ucap Marquez, dikutip dari MotoGP, Minggu (18/6/2023).

“Saya telah banyak melakukan pukulan pada tubuh saya, terutama untuk pergelangan kaki. Saya mengalami patah tulang kecil. Saya tidak siap (untuk balapan)” lanjutnya.

Seperti diketahui, The Baby Alien, julukan Marquez, selalu mendapatkan nasib buruk sepanjang musim 2023. Marquez tercatat belum pernah berhasil membawa RC213V melewati garis finis selama tujuh kali balapan utama berlangsung.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Jerman 2023: Bagnaia Memimpin, Martin Mendekat

Sebelumnya Marquez sempat melewatkan tiga seri karena cedera patah jari yang dideritanya di Portimao. Kini dirinya mengalami patah tulang jari kedua, usai kecelakaan di Sachsenring.

Otomatis perjuangannya mengendarai RC213V semakin berat, dengan kondisi fisiknya semakin memburuk. Namun, Marquez telah menunjukkan optimisme bahwa ia akan pulih dalam beberapa hari, dan siap untuk kembali balapan di MotoGP Belanda yang akan digelar akhir pekan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com