Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Greentech Pakai Baterai Motor Listrik Baru, Lebih Murah dari Litium

Kompas.com - 18/06/2023, 10:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menjadi lokasi jualan, Jakarta Fair 2023 juga menjadi ajang pameran yang dimanfaatkan oleh beberapa pabrikan motor listrik unjuk teknologi.

Upaya itulah yang dilakukan oleh Greentech, perusahaan motor listrik dengan basis produksi di Kalideres, Jakarta Barat. Greentech memamerkan teknologi baterai jenis baru bernama Super Graphene (grafit).

Baterai super graphene sendiri merupakan versi penyempurnaan dari jenis sealed lead acid (SLA) dan diklaim memiliki performa yang bisa menyaingi ion litium (li-ion).

Iman Budiadji Wibawa, Direktur Utama Greentech, menjelaskan, selain performanya yang hampir setara dengan jenis li-ion, harga baterai super graphene juga jauh lebih murah.

Baca juga: Penjualan Mobil Hybrid Naik Tipis di Mei 2023, Innova Zenix Terlaris

Baterai motor listrik jenis Super GrapheneKOMPAS.com/daafa Baterai motor listrik jenis Super Graphene

“Harga baterai super graphene itu setengahnya baterai ion litium, dengan kapasitas dan daya yang sama. Kalau menggunakan jenis ini, production cost tentu bisa dipangkas dan artinya, biaya motor listrik bisa jauh lebih murah,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (16/6/2023).

Iman menambahkan, manfaat dari turunnya biaya produksi juga terbukti dari banderol harga motor-motor listrik milik greentech yang jauh lebih murah dari kompetitornya, yakni mulai Rp 11 jutaan.

“Hanya karena harganya murah, bukan berarti performanya turun. Performa masih sama dan jarak tempuhnya juga cukup jauh, mulai dari 90 kilometer,” kata dia.

Dia menambahkan, keunggulan lain dari baterai jenis super graphene ada pada daya tahan terhadap cuaca. Iman mengklaim, baterai ini jauh lebih tangguh dibandingkan lithium ion.

“Kami sudah coba rendam air, sampai menerobos banjir. Hasilnya, baterai baik-baik saja dan tidak ditemui korsleting,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com