Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Mengalami Diesel Runaway, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 17/06/2023, 09:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil diesel dinilai memiliki beberapa keunggulan, mulai dari torsi mesin yang besar hingga pembakaran bahan bakar yang efisien.

Namun, mobil diesel punya satu penyakit yang cukup menyeramkan jika sampai terjadi, yakni diesel runaway. Ketika diesel runaway terjadi, mesin menyala dan putaran mesin tetap tinggi tetapi tidak bisa dimatikan lewat kunci kontak.

Misal seperti yang terjadi pada video Instagram yang diunggah akun @jakarta.terkini, Jumat (16/6/2023). Tampak mobil SUV mengalami sedang mengalami masalah di pinggir jalan, kepulan asap putih yang cukup tebal terlihat di sekitar kendaraan.

Baca juga: Berani Ambil Risiko, Marc Marquez Tak Takut Cedera

Tentu kejadian ini bisa membuat panik pemilik kendaraan, khawatir mesin terbakar atau hal lain yang bisa merusak mobil.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, diesel runaway disebabkan oleh kerusakan pompa solar atau kerusakan ECU.

Bisa juga karena adanya masalah lain yang menyebabkan mesin menyedot solar dari bahan bakar secara tidak terkontrol, sehingga putaran mesin akan tinggi dengan sendirinya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Terkini (@jakarta.terkini)

 

“Biasanya kondisi ini akan diikuti dengan kepulan asap putih yang tak kunjung hilang,” ujar Didi.

Menurut Didi, jika sudah demikian, tidak banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengemudi. Sebab, jika salah penanganannya bisa berbahaya dan risikonya fatal.

“Kalau pengemudi mengalami hal ini sebaiknya segera parkir kendaraan di tempat yang aman, kemudian tarik rem tangan. Jika membawa penumpang, suruh semua penumpang keluar dari mobil, dan segera menjauh dari kendaraan. Tunggu sampai solar dalam tangki habis,” katanya.

Baca juga: Bamsoet Dorong Legalitas Industri Kendaraan Kustom

Didi melanjutkan, setelah solar habis, mesin akan mati dengan sendirinya, atau menunggu kerusakan sistem mekanikal lainnya yang membuat pasukan solar terhenti.

“Kejadian diesel runaway ini memang terbilang langka, namun semua mobil yang menggunakan mesin diesel baik mobil biasa ataupun bus berpotensi mengalami hal tersebut,” kata Didi.

Untuk itu, sebaiknya setiap pemilik mobil diesel harus memahami cara kerja mobilnya. Sebab hidup dan matinya mesin diesel bergantung pada dua hal, yakni pasokan solar dan udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com