Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Dites, Mobil Sport Toyota GR Listrik Pakai Transmisi Manual

Kompas.com - 17/06/2023, 09:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Gazoo Racing ternyata sedang mengembangkan mobil sport elektrik. Uniknya, mobil listrik tersebut dibekali dengan sistem transmisi manual.

Toyota Gazoo Racing diketahui sudah mulai mengetes purwarupa pertamanya yang ditenagai dengan baterai. Dalam proyek ini, bos Toyota, yakni Akio Toyoda, ikut terlibat dalam pengembangannya.

Baca juga: Toyota GR H2 Racing Concept, Mobil Balap Hybrid Bertenaga Hidrogen

Toyota secara pribadi terlibat dalam pengembangan untuk memastikan mobil sport elektrik tersebut memenuhi ekspektasinya. Untuk diketahui, Toyoda juga seorang pebalap. Sehingga, kepekaannya bisa membantu dalam mengembangkan mobil.

Akio Toyoda membantu pengembangan mobil sport elektrik Toyota GRDok. Autocar.co.uk Akio Toyoda membantu pengembangan mobil sport elektrik Toyota GR

Toyoda mengatakan, titik awalnya bukanlah powertrain apa yang dimiliki mobil tersebut. Tapi, seberapa menyenangkan mengemudikan mobil tersebut terlepas dari powertrain yang digunakan.

"Saya sebenarnya berkesempatan untuk menguji coba BEV GR yang sedang kami kerjakan baru-baru ini. Saya belum tahu apakah mobil itu akan masuk ke pasar," ujar Toyoda, dikutip dari Autocar.co.uk, Jumat (16/6/2023).

Baca juga: Toyota GR Prius Concept Dipamerkan ke Publik

"Tapi, prioritas pertama dalam membuat mobil semacam ini adalah mobil tersebut harus menyenangkan untuk dikendarai, apa pun powertrain yang mereka gunakan," kata Toyoda.

Mobil sport elektrik Toyota GR sedang dalam tahap pengembangan dan disematkan transmisi manualDok. Autocar.co.uk Mobil sport elektrik Toyota GR sedang dalam tahap pengembangan dan disematkan transmisi manual

Toyoda juga menyarankan agar mobil ini dikembangkan untuk memiliki banyak karakteristik yang sama seperti mobil bermesin pembakaran internal. Termasuk juga dengan memiliki kopling, girboks, dan bahkan menirukan suara mesin.

"Perbedaan terbesar dari BEV lain yang kami kembangkan adalah, ketika Anda berada di dalam BEV GR, Anda benar-benar dapat mendengar suara mesin, meskipun Anda tidak dapat mencium bau bensin," kata Toyoda.

Tes Toyota bZ4x Tes Toyota bZ4x

"Ada juga transmisi manual dan juga kopling. Jika Anda memasukkan seseorang ke dalam mobil dan meminta mereka mengemudikannya dan menebak powertrain-nya, mereka mungkin tidak akan bisa memberi tahu Anda," ujarnya.

Kepala teknisi, Takashi Watanabe, membeberkan bahwa gir dan kopling tidak langsung tersambung dengan motor elektrik. Tuas persneling dan pedal kopling akan mensimulasikan perpindahan gigi dengan menyesuaikan pengaturan torsi motor listrik.

Debut Toyota GR Corolla H2 dan GR86 CNF di ajang Thailand 25H Endurance Race 2022Toyota Debut Toyota GR Corolla H2 dan GR86 CNF di ajang Thailand 25H Endurance Race 2022

Mobil tersebut juga dapat diprogram untuk memungkinkan mobil mundur di tanjakan, atau bahkan berpotensi mati mesinnya ketika pedal kopling tidak dilepas dengan benar.

"Entah itu berhasil masuk ke pasar atau tidak, apa yang perusahaan coba lakukan adalah mengeksplorasi gagasan tentang apa yang tidak boleh hilang dari sebuah mobil, meskipun itu pada BEV," kata Toyoda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com