Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/06/2023, 14:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Sistem Smart Key Honda mulai tersedia di lini produk seperti Scoopy, Vario, PCX, hingga ADV. Teknologi tersebut mengganti anak kunci dengan remot dan kenop, jadi tinggal putar saja dan motor bisa menyala.

Namanya juga remote, maka ada baterai yang digunakan untuk mengoperasikan. Seiring berjalannya waktu, baterai tadi pada akhirnya bisa habis karena pemakaian.

Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor mengatakan, untuk pemakaian normal, baterai Smart Key bisa awet sampai dua tahun. Cuma, ada kebiasaan yang membuat baterai cepat habis.

Baca juga: Promo Honda di Jakarta Fair 2023, Ada Diskon sampai Rp 1,1 Juta

Smart key milik Honda Vario 160Dok. AHM Smart key milik Honda Vario 160

"Pas motor mati, kunci masih menyala, indikatornya masih hijau. Terus teruhnya dekat, kurang dari dua meter ke motor," kata Aries kepada Kompas.com, Rabu (14/6/2023).

Perilaku tersebut membuat remote tetap terkoneksi dengan motor, sehingga baterainya bisa habis. Bukan cuma di remote, tapi juga bisa membuat aki motor tekor karena adanya hubungan tadi.

"Kalau kuncinya sudah merah, kenop di motor posisi off, enggak apa-apa," kata Aries.

Baca juga: Video Cara Nyalakan Motor Honda Saat Kunci Keyless Baterainya Habis


Kemudian misalnya, baterai remote habis, maka motor jadi tidak bisa dinyalakan. Sebenarnya ada indikator kalau baterai Smart Key sudah mau habis, yakni indikator kunci di instrumen yang berkedip saat motor dinyalakan.

Menurut Aries, mengganti baterai Smart Key mudah dilakukan sendiri. Baterainya bisa dibeli di mini market, lalu membuka Smart Key bisa memakai koin, diputar di bagian atas yang sedikit ke dalam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com