Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencan Singkat dengan Toyota Yaris Cross Hybrid

Kompas.com - 15/06/2023, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan All New Toyota Yaris Cross di Jakarta pada pertengahan Mei lalu.

Yaris Cross sudah resmi dijual di Tanah Air, mobil yang bermain di segmen sport utility vehilce (SUV) ringkas dibanderol dengan rentang harga mulai Rp 351 juta untuk tipe terendah yakni 1.5 G MT, namun jika memilih varian hybrid atau hybrid electric vehicle (HEV) harus menyiapkan dana Rp 440 juta sampai Rp 449,5 juta.

Tim redaksi mendapat kesempatan untuk merasakan sensasi berkendara langsung di balik kemudi Yaris Cross Hybrid.

Baca juga: Mitsubishi Motors Tambah Diler Baru di Bogor

Apalagi mobil ini diberikan merupakan pendatang baru di pasar otomotif yang dirancang langsung di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, Jawa Barat.

Ketika mendapat kesempatan melakukan kencan singkat mengendarai Yaris Cross di jalan umum, redaksi langsung mengajaknya mengelilingi area BSD City, Tangerang.

Saat membuka pintu, mata langsung disajikan dengan pemandangan dari desain interior yang sporty.

Sebelum berkendara, ritual yang dilakukan adalah mencari posisi berkendara yang nyaman. Yaris Cross hybrid sudah mengusung kemudi tilt dan telescopic, sehingga pengendara bisa mendapatkan posisi mengemudi yang ergonomis.

Tim redaksi mengendarai Yaris Cross hyrbid di jalan sekitar BSD, TangerangKompas.com Tim redaksi mengendarai Yaris Cross hyrbid di jalan sekitar BSD, Tangerang

Ketika pertama duduk, posisi berkendara terbilang cukup tinggi mengingat mobil ini mengusung desain SUV perkotaan. Bagian pilar A yang tidak begitu tebal membuat visibilitas pengemudi cukup baik, dari sisi depan, maupun samping kiri dan kanan.

Tampilan MID Yaris Cross sudah sepenuhnya digital, secara keseluruhan tampilan speedometer dan desain lingkar kemudinya mirip dengan Toyota Veloz.

Usai mendapatkan posisi duduk yang nyaman, langsung injak pedal rem dan geser transmisi CVT ke D. Tak lupa nonaktifkan tombol elektronik parkir brake, dan seketika mobil mulai bergerak masuk ke jalan raya.

Mengingat mobil ini mengusung teknologi hybrid, suara mobil lebih kedap dari sebelumnya. Saat pedal gas diinjak lebih dalam, motor listrik pada mobil membuat distribusi tenaga yang dikeluarkan begitu instan.

Saat tim redaksi merasakan transmisinya, perpindahan gigi terasa cukup smooth. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan transmisi ‘B’ atau braking untuk membantu engine brake saat melewati jalan menurun.

Dari segi handling, mobil ini juga terbilang cukup baik. Ketika berbelok pada kecepatan 40 sampai 50 kpj terasa lebih rigid. Efek body roll minim terasa, dan kontrol kemudi juga lebih stabil sehingga pengendara bisa merasakan efek fun to drive yang dihadirkan.

Ketika mendapat lokasi jalan yang cukup lengan, kami memanfaatkan untuk menekan pedal gas lebih dalam. Performa yang disajikan cukup baik, tak perlu effort lebih dan hanya perlu sedikit menekan pedal gas mobil langsung melesat.

Baca juga: Intip Posisi Ban Cadangan Bus AKAP

Tim redaksi juga sempat mencoba mode ECO, tentunya ada sedikit perbedaan saat akselerasi namun tidak signifikan. Rasanya mode ini cukup untuk digunakan di jalan perkotaan.

Dari data, Toyota Yaris Cross dibekali mesin 1.500 cc 4 silinder. Dapur pacu hybrid sanggup menghasilkan tenaga 82 kW, dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik untuk menggerakan as roda depan dalam kolaborasi yang paling efisien tanpa mengorbankan performa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com