Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spek Baterai IBC Gen 2 yang Bakal Dipakai Berbagai Motor Listrik

Kompas.com - 13/06/2023, 13:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Battery Corporation (IBC) resmi meluncurkan Battery Asset Management Services (BAMS), yang terdiri dari baterai, stasiun penukaran baterai dan aplikasi Internet of Things (IoT).

Baterai yang diperkenalkan ialah baterai generasi kedua buatan IBC. Baterai ini berbeda dengan prototipe baterai sebelumnya yang pernah ditampilkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Baca juga: 5 Merek Motor Listrik Teken Kontrak dengan Baterai IBC

Direktur Utama IBC, Toto Nugroho, mengatakan baterai generasi kedua ini telah mengalami pengembangan signifikan, yaitu dari sisi keamanan dan juga performa.

Indonesia Battery Corporation (IBC) resmi meluncurkan Battery Asset Management Services (BAMS). Salah satu yang diperkenalkan ialah baterai generasi kedua buatan IBC yang akan dipakai oleh beberapa merek motor listrik.KOMPAS.com/Gilang Indonesia Battery Corporation (IBC) resmi meluncurkan Battery Asset Management Services (BAMS). Salah satu yang diperkenalkan ialah baterai generasi kedua buatan IBC yang akan dipakai oleh beberapa merek motor listrik.

"Baterai yang kita produksi generasi kedua ini salah satu keunggulannya adalah dari sisi keamanan, kalau kita lihat dari baterai-baterai sebelumnya itu di antara sel ada yang kita sebut safety gel," kata Toto menjawab Kompas.com, di Jakarta, Senin (13/6/2023).

"Dengan adanya safety gel itu kita sangat meningkatkan aspek safety mengenai baterai itu sendiri sehingga dari aspek jika terjadi kecelakaan atau masalah air itu sangat berpengaruh," kata dia.

Toto mengatakan, adapun dari sisi performa yaitu dari pemakaian lebih irit dari generasi pertama.

Baca juga: Masih Ada Pilihan Mobil Matik di Bawah Rp 250 Juta, Cek Daftarnya

Indonesia Battery Corporation (IBC) resmi meluncurkan Battery Asset Management Services (BAMS). KOMPAS.com/Gilang Indonesia Battery Corporation (IBC) resmi meluncurkan Battery Asset Management Services (BAMS).

"Kedua dari aspek performa, tentunya dari generasi sebelumnya sebab riset itu selalu berkembang, kita berharap dari segi life time bisa meningkat secara signifikan," kata Toto.

Jika dilihat secara langsung bentuk baterai gen dua IBC sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. Bentuknya saat ini sedikit lebih besar dan bagian atas atau kepalanya juga sedikit lebih menonjol.

Belum ada spesifikasi dan keunggulan resmi yang dirilis IBC, namun dari data di baterai dapat dilihat sedikit spesifikasinya, yaitu model DM72N-25ES berjenis lithium ion berkapasitas 72V 25Ah dengan maximum current 60A.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com