Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketemu Bus Ugal-ugalan, Ini Pesan dari Sopir Bus AKAP

Kompas.com - 11/06/2023, 18:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus ugal-ugalan hingga saat ini masih menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Meski telah ada sejumlah kasus kecelakaan karena ulah sopir bus yang seenaknya di jalan, namun masih banyak sopir yang berkendara dengan cara yang berbahaya.

Beberapa sopir bus coba memberikan beberapa cara untuk menghindari bahaya bila bertemu dengan bus yang ugal-ugalan.

Baca juga: Balapan Malam Ini, Berikut Link Live Streaming MotoGP Italia 2023

Aceng, salah satu sopir bus AKAP dari PO DMI mengatakan, apabila dirinya kebetulan melintasi jalan yang sama dengan bus yang punya sopir dengan karakter agresif, dia akan mencoba menjaga jarak aman untuk melindungi penumpang.

Namun, menurut Aceng sopir tersebut tetap harus ada yang mengingatkan agar bisa berkendara lebih bijak.

“Harus dikomunikasikan. Memang saat keadaan kita sama-sama membawa kendaraan itu akan susah. Jangan pernah diberi klakson atau di susul. Itu akan membuatnya makin ini ugal-ugalan,” kata Aceng kepada Kompas.com, Minggu (11/6/2023).

Penampakan Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, hari ini, Jumat (14/4/2023). KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo Penampakan Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, hari ini, Jumat (14/4/2023).

Menurut Aceng, berkomunikasi dengan memberikan kode berupa suara klakson mereka tidak akan mau didengar oleh sopir bus yang punya karakter ugal-ugalan di jalan raya. Maka dari itu, biasanya dia akan menegur secara langsung dan pada saat keadaan sedang santai.

“Misalnya pada saat di rest area atau di pool atau di terminal, bila sama-sama ketemu bisa ajak dulu bicara dengan santai sehingga dia tidak tersinggung. Kita ingatkan mereka akan aturan lalu lintas yang harus dipatuhi. Biasanya dengan cara ini masuk ke telinga sopir,” kata sopir bus AKAP trayek Jakarta- Wonosobo tersebut.

Baca juga: Terkenal Raja Ngebut, Ini Cerita Penumpang Naik Bus Sugeng Rahayu

Hampir sama dengan Aceng, menurut salah satu sopir bus dari PO Raya mengatakan bila sebaiknya jangan terbawa emosi saat di jalan bertemu dengan rekan satu profesi yang mengendarai bus secara ugal-ugalan.

“Kita harus biasa saja. Maksudnya tetap tidak terbawa emosi dengan ikut-ikutan ngebut juga agar selamat sampai tujuan,” kata sopir bus AKAP trayek Jakarta – Solo tersebut kepada Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com