Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Generasi Terbaru Daihatsu Terios Tak Kunjung Lahir

Kompas.com - 08/06/2023, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Terios jadi salah satu SUV andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Meski peminatnya tinggi, tapi mobil ini masih juga belum lahir generasi terbarunya.

Terios yang dipasarkan saat ini adalah generasi kedua. Daihatsu meluncurkannya ke pasar pada 2017 lalu. Hingga kini, Terios masih mengandalkan mesin dan platform yang sama.

Baca juga: Daihatsu New Terios Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 236 Juta

Selain itu, Terios belum dilengkapi dengan teknologi Advanced Safety Assist (ASA). Teknologi ini merupakan seperangkat fitur keselamatan yang memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara.

Setir Kemudi Daihatsu New Terios 2023KOMPAS.com/Donny Dwisatryo Setir Kemudi Daihatsu New Terios 2023

ASA juga sudah disematkan pada beberapa model Daihatsu, seperti Rocky dan All New Xenia, yaitu Pre Collision Warning dan Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, serta Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention.

"Kita (Terios) sudah punya fitur Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Anti-Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) Jadi, keamanan yang sangat mumpuni dan lebih itu sudah ada di Terios ini," ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM, saat peluncuran New Terios, di Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Baca juga: Detail Ubahan Daihatsu New Terios, Fitur Makin Lengkap

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan, untuk minor change, Daihatsu sangat memperhatikan sekali suara pelanggan.

Daihatsu New TeriosKompas.com/Sendy Daihatsu New Terios

"Berdasarkan survei kita di segmen ini, empat teratas itu mereka peduli dengan harga, jaringan outlet, eksterior, dan interior," kata Hendrayadi.

"Kita sangat memperhatikan suara konsumen. Sehingga, perubahannya sesuai dengan hasil survey tadi, yaitu eksterior dan interior. Sedangkan untuk masalah keamanan, tadi dirasa sudah cukup bisa mengakomodasi kebutuhan konsumen," ujarnya.

Bangku Baris Pertama Daihatsu New Terios 2023KOMPAS.com/Donny Dwisatryo Bangku Baris Pertama Daihatsu New Terios 2023

New Terios saat ini tidak hanya mengalami perubahan pada eksterior dan interior. Tapi, dilengkapi juga dengan fitur wireless charging, around view monitor, dan lainnya.

SUV ini hadir dalam varian X, R, dan R Custom, yang harganya mulai Rp 236,05 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 303,25 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com