Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Buruk Mobil Sering Dijemur, Mika Lampu Bisa Cepat Kusam

Kompas.com - 30/05/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Paparan panas yang terus menerus bisa menimbulkan kerusakan pada eksterior mobil. Ini merupakan hal umum yang seyogyanya dipahami oleh semua pengguna.

Kerusakan yang terjadi juga akan sangat mempengaruhi penampilan mobil, sebut saja cat terkelupas, karet-karet getas, serta mika lampu menguning dan tidak lagi jernih.

Noval Al-Hudah, teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor menjelaskan, mika yang berubah warna menjadi kuning cukup umum dijumpai dan sangat mudah dialami mobil yang sering dijemur.

“Kalau mobil sering diparkir di luar, kepanasan dan kehujanan melulu, mika lampu bisa cepat sekali menguning,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (23/5/2023).

Baca juga: Catat, Tarif Tol Cipularang Naik 5 Juni 2023

Parkir mobil di tempat sejuk bisa merawat kualitas bodi mobilDicky Aditya Wijaya Parkir mobil di tempat sejuk bisa merawat kualitas bodi mobil

Dia menambahkan, proses perubahan warna mika juga berlangsung cukup cepat, yakni hanya dalam waktu kurang dari 2 bulan apabila mobil sering dijemur.

Hal itu terjadi karena sifat alami dari mika, yang tinggi akan kandungan plastik dan silika. Menurut noval, dua komponen itu mudah terdampak suhu tinggi.

“Enggak melulu karena panas dari luar. Misalnya pakai lampu mobil yang tidak sesuai standar, mika juga bakal cepat menguning. Jadi inti masalahnya adalah panas,” kata dia.

Solusi untuk menghindari hal ini sebenarnya cukup mudah, yakni selalu memastikan mobil diparkir di tempat tertutup dan bebas dari paparan cuaca.

Jikalau tidak ada tempat yang teduh, opsi lain yang bisa digunakan adalah memakai car cover, alias sarung penutup untuk mobil. Aksesori ini mudah ditemukan dan harganya terbilang murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com