Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Menolak Tua, Lansiran 2004 Bisa Diganti Sampai Model 2020

Kompas.com - 20/05/2023, 16:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza merupakan produk jagoan dari Toyota, bahkan sempat jadi mobil sejuta umat ketika awal dirilis di 2000-an.

Sampai saat ini, Avanza sudah ada tiga generasi, pertama punya periode 2003-2011. Lalu, generasi kedua muncul di 2011-2021 dan generasi terakhir punya rombakan yang total, memindahkan roda penggerak dari belakang ke depan.

Bagi pemilik Avanza generasi pertama, ternyata bisa melakukan modifikasi agar bisa lebih muda tampilannya. Misalkan seperti yang dilakukan oleh YBC Project, di mana dalam video di TikTok mengubah Avanza lansiran 2004 jadi model 2020.

Baca juga: Toyota Avanza Tertabrak Kereta karena Mesin Mati di Perlintasan KA

@yahyaybc Upgrade Avanza 2004 Ke 2020 veloz #upgradeavanza #avanzaveloz2021_fyp #avanza #avanza_modification #ybcproject #ybcmodified #modifikasimobil ? Dj Balada Boa X Pika Pika Kawenimeri - DJ USUP

 

Pada video tersebut, diperlihatkan proses operasi muka dari Avanza generasi pertama. Bisa dilihat Avanza tersebut bagian depannya dilepas semua, sampai dudukan lampu, bumper, kap depan, sampai fender.

Ketika bagian depan sudah dilepas, maka dipasangkan rangka baru, sesuai dengan Avanza generasi kedua. Setelah itu, baru dipasang lampu model baru yang sudah LED dan lebih modern serta kap mesin.

Tampak untuk bagian lampu, bumper, dan kap mesin sepertinya aman untuk dipasang yang baru. Berbeda kasusnya dengan fender, ternyata ada perbedaan yang signifikan antara generasi satu dan dua.

Baca juga: Raffi Ahmad Kaget Saat Tahu Harga Satu Ban Bugatti Veyron Rp 200 Juta


Jadi YBC mengakali dengan memotong fender lama dan yang baru, jadi ukurannya lebih sesuai dan bisa pas dengan model lampu yang baru. Walau secara proporsi akan berbeda dengan generasi kedua yang asli atau bawaan.

Sedangkan pada bagian belakang, ada sedikit ubahan di fender belakang, mengingat model lampunya yang berbeda jauh. Lalu untuk bagasi dan bumper, sepertinya tidak banyak ubahan yang perlu dilakukan.

Ubahan lainnya bisa dilihat pada spion sudah diganti model baru yang lebih besar. Pada akhirnya, model tersebut sudah punya penampilan yang lebih segar, seperti model facelift terakhir generasi kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com