Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Gegabah Saat Buka Tutup Radiator Mesin Mobil yang Overheat

Kompas.com - 16/05/2023, 18:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mobil mengalami overheat atau kepanasan, mesin bisa mati mendadak atau terjadi mogok. Dalam kondisi tersebut, pengemudi diminta untuk tidak gegabah dalam membuka tutup radiator.

Dalam membuka tutup radiator, pengemudi tidak bisa sembarangan. Sebab, ketika mobil mengalami overheat pada ruang pendingin terdapat tekanan tinggi.

Baca juga: Saat Situasi Darurat, Coolant di Radiator Boleh Dicampur Air Biasa?

Jika nekat membukanya, maka tutup radiator bisa terpental. Selain itu, akan menyembur uap panas dan air panas dari lubang radiator tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Achmad Subechi (@achmad_subechi)

Contohnya bisa dilihat pada video yang diunggah oleh akun Instagram @achmad_subechi. Dalam video tersebut, terlihat seseorang membuka tutup radiator mesin yang diduga overheat dan seketika uap panas keluar.

Langkah tersebut dinilai dapat melukai diri sendiri. Selain itu, radiator atau tutup radiator juga bisa rusak jika dibuka paksa seperti itu.

Baca juga: Ketahui Cairan Coolant Berkualitas yang Bagus untuk Radiator Mobil

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, membuka tutup radiator, untuk orang awam tidak disarankan.

Tutup RadiatorKompas.com Tutup Radiator

"Sebab, ada beberapa teknik yang harus dipahami supaya tidak menimbulkan kemungkinan overheat karena radiator cap tidak tertutup rapat ataupun cedera karena uap atau air panas," ujar Bambang, belum lama ini.

Bambang menambahkan, jika mesin sudah mengalami overheat, maka sebaiknya mematikan mesin. Diamkan dulu beberapa saat, baru dibuka bila diperlukan penambahan cairan pendingin atau coolant.

Ukuran tekanan air yang mampu ditahan oleh tutup radiator.Ari Purnomo Ukuran tekanan air yang mampu ditahan oleh tutup radiator.

Beberapa netizen juga ada yang menyarankan untuk tidak membuka tutup radiator, karena bisa merusak sistem pendingin atau radiator. Namun, menurut Bambang, jawaban tersebut kurang tepat.

"Kalau hanya suhu ruang tidak akan terjadi perbedaan ekstrem tinggi. Tapi, kalau disiram air biasa bisa terjadi kerusakan. Oleh karenanya, saat overheat biarkan mesin mati dan tunggu beberapa saat, baru dicek," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com