Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Polda Metro Hadapi Puncak Arus Balik

Kompas.com - 24/04/2023, 18:22 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Polda Metro Jaya menyiapkan skema rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 24 dan 25 April 2023.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, pihaknya bersama stakeholder terkait membagi arus balik menjadi tiga skema, yaitu situasi hijau, kuning, dan merah.

Menurut Latif, situasi hijau ditandai dengan arus lalu lintas menuju Jakarta yang normal dan tidak ada antrean.

Baca juga: Tampil Minimalis, Intip Bus Baru PO Nyaman Holiday Garapan Laksana

Kendaraan melintas di Jalan Tol Solo-Semarang, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum 6 Mei dan sesudah 8 Mei 2022 agar dapat menghindari kepadatan pada puncak arus balik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGROHO Kendaraan melintas di Jalan Tol Solo-Semarang, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum 6 Mei dan sesudah 8 Mei 2022 agar dapat menghindari kepadatan pada puncak arus balik Lebaran 2022.

“Gerbang Tol Halim dan Tol Cikunir diberlakukan normal, tidak ada rekayasa lalu lintas di arteri, petugas melakukan pengaturan dan penjagaan di gerbang-gerbang tol, seluruh off ramp dan traffic light sekitar off ramp,” ujar Latif, dilansir dari NTMC Polri (24/4/2023).

Sementara untuk situasi kuning, ditandai dengan adanya kepadatan dengan kecepatan kendaraan 20 kpj.

Bila situasi tersebut terjadi rekayasa lalu lintas one way dari Km 414 Kalikangkung hingga Km 47 diberlakukan. Selanjutnya diberlakukan contraflow pada Km 28.

Baca juga: Tempuh Ratusan Kilometer, Jangan Sepelekan Kondisi Ban Mobil

Selanjutnya, untuk situasi merah, Latif menjelaskan, ditandai dengan kemacetan parah arus lintas yang membuat kendaraan tidak bergerak. Sama seperti situasi kuning, situasi rekayasa lalu lintas one way dari Km 414 Kalikangkung hingga Km 47 diberlakukan.

Kemudian, pihak kepolisian dan stakeholder terkait akan memberlakukan contraflow di Km 3.500. Apabila terjadi antrean sepanjang 2 Km, kata dia, maka tol akan digratiskan.

Baca juga: Trailer Fast X Kembali Rilis, Ramai Mobil Keren

One way GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek (Japek).Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. One way GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

“Seluruh off ramp tol dalam kota dan JORR dilakukan pengaturan dan penjagaan maksimal. Seluruh traffic light di sekitar off ramp memprioritaskan arus lalu lintas dari dalam tol,” kata Latif.

“Seluruh gerbang tol menambahkan card reader dan bila terjadi antrean lebih dari 2 Km, maka tol digratiskan. Tol MBZ dari Km 47 sampai Km 10 dilakukan one way,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com