Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duel Suzuki Grand Vitara dan Hyundai Creta [Video]

Kompas.com - 24/04/2023, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan All New Grand Vitara dalam gelaran IIMS 2023 pada Februari lalu. SUV yang sudah memiliki nama besar di Indonesia ini hadir membawa teknologi baru.

Suzuki membanderol Grand Vitara mulai dari Rp 359,4 juta hingga Rp 387,4 juta. Melihat dari spesifikasinya, SUV pendatang baru ini akan bersaing ketat dengan produk keluaran Hyundai, yakni Creta.

Dari segi spesifikasi, keduanya sama-sama mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc. Sementara dari segi harga, Hyundai memasarkan Creta mulai Rp 291,3 juta hingga Rp 408,3 juta.

Baca juga: Antisipasi Arus Balik, Kapolri Siap Terapkan One Way sampai Halim

Hal tersebut karena Hyundai memiliki lebih banyak pilihan varian yang disediakan untuk Creta, sementara Suzuki hanya ada dua tipe, plus tambahan pilihan warna dual tone.

Hyundai Creta dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Tenaga Citroen e-C4 bersumber dari baterai lithium-ion berkapasitas 50 kWh bertegangan 400 volt, dapat melaju hingga 350 kilometer dalam kondisi baterai penuh.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Hyundai Creta dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Tenaga Citroen e-C4 bersumber dari baterai lithium-ion berkapasitas 50 kWh bertegangan 400 volt, dapat melaju hingga 350 kilometer dalam kondisi baterai penuh.

Bicara soal desain bisa dibilang memang relatif, karena sesuai dengan selera para calon pembelinya.

Sementara dari segi tenaga, di atas kertas Vitara anyar dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), digadang-gadang mampu menghasilkan tenaga 101 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 136,8 Nm melalui sistem transmisi AT.

Lantas bagimana dengan Hyundai Creta?

Menggunakan kapasitas mesin yang sama, SUV Korea Selatan ini punya tenaga 113 Tk pada 6.300 rpm dan torsi 144 Nm. Bisa terlihat tenaganya lebih unggul, belum lagi ditambah dengan sistem transmisi yang lebih modern dengan iVT.

Baca juga: Ingat, Hari Ini Jakarta Masih Bebas Ganjil Genap


Namun demikian, untuk memudahkan konsumen menentukan pilihan antara Hyundai Creta dan Suzuki Grand Vitara, redaksi sudah membuat video komparasi singkat sebagai referensi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com