Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Keren Tongkrongan Hyundai Creta dengan Grand Vitara

Kompas.com - 18/04/2023, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai kendaraan berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru, baik Suzuki Grand Vitara maupun Hyundai Creta membawa sejumlah aspek menarik, baik pada sisi eksterior, mesin, juga tongkrongannya alias interior.

Sama-sama mumpuni untuk digunakan harian bersama keluarga, kedua mobil ini ternyata punya karakteristik berbeda. Grand Vitara lebih menonjolkan kesan maskulin dan gagah sementara Creta elegan serta modern.

Jika harus membandingkannya, kira-kira siapa yang lebih menarik?

Baca juga: Adu Gagah Hyundai Creta Vs Suzuki Grand Vitara, Pilih Mana?

Kabin Suzuki Grand Vitara dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Grand Vitara hadir dengan teknologi hybrid terbaru dari Suzuki bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Kabin Suzuki Grand Vitara dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Grand Vitara hadir dengan teknologi hybrid terbaru dari Suzuki bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Pertama mari bahas generasi terbaru dari salah satu mobil legendaris Suzuki di Tanah Air, Grand Vitara. Sepintas, mirip seperti eksterior, bagian kabin mobil juga dibuat terlihat tangguh dan kekar.

Hal tersebut bisa terlihat dari dasbor bertingkat-tingkat dan punya lekukan yang tegas. Tak hanya itu, door trim dan bagian dalam pintu juga memiliki lekukan cukup besar yang memperkuat kesan tangguh.

Sementara tongkrongan Creta memancarkan kesan modern dan elegan. Terbukti dari penataan dasbor yang slim, clean dengan dua warna, tetapi juga fungsional dengan banyaknya kompartemen penyimpanan.

Laci dasbor mobil sendiri dapat digunakan sebagai tempat untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman berkat disematkan Cooled Glove Box. Nuansa sporty pada interior Creta pun terasa dengan hadirnya setir berdesain D-Cut.

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Lokasi SPKLU Terdekat

Interior Hyundai Creta tipe PrimeKompas.com/Donny Interior Hyundai Creta tipe Prime

Sebagaimana kendaraan baru, baik Grand Vitara dan Creta juga tidak mau kalah dalam hal penyajian kesan modern melalui penyematan fitur yang mudah untuk dijangkau dan dioperasikan.

Grand Vitara misalkan, pada bagian setir kemudi, terdapat audio switch control serta hand’s free phone control. Untuk menjamin kenyamanan pengemudi dan para penumpang saat berkendara, semua jok sudah dilengkapi headrest adjustable.

Menariknya, desain jok Grand Vitara berbentuk lebar pada bagian samping serta belakang yang dinilai dapat menopang tubuh dengan baik selama perjalanan.

Tak ketinggalan, SUV ini sudah dilengkapi head unit touch screen seluas 9 inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone pengguna.

Interior Grand VitaraDok istimewa Interior Grand Vitara

Ada pula panoramic sunroof khusus tipe GX sehingga pengemudi dan penumpang tidak merasa bosan dengan melihat pemandangan sekitarnya.

Tidak perlu khawatir saat lupa membawa kabel untuk mengisi daya smartphone-nya. Grand Vitara telah disematkan fitur canggih berupa Smartphone Wireless Charging pada tipe GX.

Untuk memuat barang dalam jumlah lebih banyak, jok belakang mobil tersebut bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40. Pelipatan jok ini termasuk rata lantai, tapi sandarannya agak naik. Bagasi Grand Vitara sudah dilengkapi dengan separator.

Creta sendiri, sudah disematkan Full TFT LCD Meter Cluster 10,25 inci dengan tampilan digital sebagai akses ke berbagai pengaturan fitur kenyamanan, termasuk pengaturan warna tampilan pada panel instrument cluster.

Creta turut dilengkapi layar Display Audio 8 Inci dengan berbagai fitur yang bisa terhubung ke smartphone sebagai fitur hiburan. Ini juga terhubung ke delapan unit speaker BOSE Premium Sound System.

Baca juga: Hari Pertama Ganjil Genap Arus Mudik, Hanya Pelat Genap yang Bisa Melintas

Interior Hyundai Creta tipe PrimeKompas.com/Donny Interior Hyundai Creta tipe Prime

Namun sayang, layar hiburan tersebut tidak sepenuhnya dioperasikan melalui layar sentuh yang ada di Creta, di mana masih menggunakan tombol dan knop putar sehingga mengurangi kesan modern pada interior Creta.

Kenyamanan di dalam Creta tetap terjamin dengan disematkan Ventilated Seat, yaitu kursi yang dapat diatur suhunya untuk memberikan kesejukan bagi para penumpang serta pengemudi.

Terakhir, mobil juga punya panoramic sunroof yang menambah kesan premium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com