Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mengetahui Lokasi SPKLU Terdekat

Kompas.com - 18/04/2023, 10:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang hendak mudik menggunakan mobil listrik sudah tidak perlu risau, karena PLN menyiapkan ratusan unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Total untuk saat ini, jumlah SPKLU yang disiapkan PLN berjumlah 616 unit yang tersebar di 284 titik. Bagi para pemudik, PLN sudah menyiapkan 15 SPKLU khusus yang diposisikan di beberapa rest area jalan tol.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN menjelaskan, SPKLU khusus mudik teresedia di jalan tol trans-Sumatera dan trans-Jawa. Jumlah unit yang disediakan juga cukup banyak, jadi pemudik tidak perlu mengkhawatirkan soal antrian.

“Semoga dengan tersedianya SPKLU di sepanjang jalur utama mudik ini dapat membuat masyarakat merasa aman dan nyaman ketika perjalanan menuju ke kampung halaman,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/4/2023).

Baca juga: Mitsubishi Mulai Produksi Minicab MiEV Tahun Depan

Daftar 616 SPKLU PLN yang disiapkan untuk MudikPLN Daftar 616 SPKLU PLN yang disiapkan untuk Mudik

Darmawan menambahkan, SPKLU tersebut mendukung tiga jenis moda pengisian daya yang siap beroperasi secara optimal untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Ketiganya, yaitu jenis medium charging, fast charging, hingga ultra fast charging.

Bagi pemudik yang belum familier dengan lokasi-lokasi yang menyediakan SPKLU, ada langkah mudah untuk mengetahuinya.

Pemudik cukup menggunakan aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh di smartphone. Nantinya, aplikasi akan mengarahkan pemudik ke lokasi SPKLU terdekat.

Darmawan membagikan 3 langkah mudah yang bisa dilakukan pemudik untuk memanfaatkan fitur pencarian SPKLU lewat aplikasi PLN Mobile selama mudik lebaran.

Baca juga: Jalan Tidak Ada Marka, Pengemudi Mesti Lebih Awas

Tampilan layar PLN mobile untuk mencari lokasi SPKLU terdekat selama mudik lebaranTangkapan layar aplikasi PLN Mobile Tampilan layar PLN mobile untuk mencari lokasi SPKLU terdekat selama mudik lebaran

“Bagi para pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya tinggal buka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih fitur electric vehicle, lalu pilih SPKLU,” kata dia.

Nantinya, PLN Mobile akan menampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dan aktif dengan lokasi pengguna mobil listrik.

Pengguna juga bisa mendapatkan fitur tambahan, di mana aplikasi akan menyesuaikan SPKLU yang sesuai dengan jenis mobil yang digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com