Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Gagah Hyundai Creta Vs Suzuki Grand Vitara, Pilih Mana?

Kompas.com - 17/04/2023, 10:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini, kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV) di Indonesia semakin banyak penggemarnya. Salah satu segmen SUV yang kian digemari dan ramai pemainnya, adalah berkonfigurasi 5-seater.

Bila membahas produk terbaru di segmen kendaraan ini, ada dua pemain yaitu dari Korea Selatan, Hyundai Creta, dan Suzuki Grand Vitara sebagai pabrikan asal Jepang yang lagi-lagi mencoba membuat gebrakan di pasar.

Berada pada rentang harga Rp 300 jutaan, yaitu Creta Rp 291,3 juta sampai Rp 403 juta dan Grand Vitara Rp 359,4 juta hingga Rp 384,4 juta, kira-kira siapa yang paling gagah?

Baca juga: Harga Tiket Bus AKAP Jakarta – Semarang Jelang Mudik Lebaran 2023

Eksterior Hyundai CretaKompas.com/Donny Eksterior Hyundai Creta

Pertama, mari kita bahas dimensinya. Dari lembar spesifikasinya, Creta punya ukuran yang cukup besar dengan panjang 4.513 mm dan tinggi 1.630 mm. Lalu mobil punya tambahan 200 mm pada bagian ground.

Sementara Grand Vitara yang disebut Medium Sport Utility Vehicle (MSUV) oleh Suzuki Indonesia, punya dimensi panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm, dan juga tinggi 1.645 mm. Ground Clearance-nya sendiri, ialah 210 mm.

Artinya, Creta lebih panjang dari Grand Vitara tetapi tidak lebih lebar dan tinggi dengan selisih sekitar 165 mm dan 5 mm pada ground clearance.

Untuk desain wajahnya, Creta dibekali lampu halogen pada bagian kanan dan kiri depan dekat dengan radiator gril untuk varian Active dan Trend. Lalu ada juga lampu MFR LED untuk menambah kesan sporty.

Baca juga: Hasil MotoGP Amerika 2023; Rins Bawa Honda Juara, 8 Pebalap Kecelakaan

Suzuki Grand Vitara di IIMS 2023Suzuki Suzuki Grand Vitara di IIMS 2023

Tetapi jika dilihat secara keseluruhan, banyak sekali sensasi modern atau elegan di mobil ini dengan penyematan warna krom.

Pada bagian samping, terlihat perpaduan warna two tone yang memberi kesan sporty. Untuk menyempurnakan tampilan sporty, Hyundai membekali mobilnya ini dengan Diamond Cut Alloy Wheels berukuran 17 inci.

Kesan modern pada Creta pun terasa dengan kehadiran High Mounted Stop Lamp (HMSL) serta Boomerang-type Rear Light di bagian belakang.

Untuk Grand Vitara, sebenarnya punya pendekatan serupa, yaitu sporty melalui sentuhan melekuk dan garis-garis hitam. Namun bedanya, alih-alih membawa nuansa modern, SUV ini menawarkan kesan gagah dan berotot.

Baca juga: Perlukah Membuka Kap Mesin Mobil di Rest Area?

Eksterior Hyundai CretaKompas.com/Donny Eksterior Hyundai Creta

Hal tersebut bisa terlihat dari bentuk lampun yang lebih lancip dengan LED DRL dan LED Position Lamp dan penyematan skid plate di bagian depan dan belakang.

Adapun lampu di bagian kiri dan kanan tidak menyambung, namun membuat tampilan Grand Vitara jadi terkesan lebar.

Beralih ke bagian belakang, desain lampunya memanjang secara horizontal di mana bisa memberikan penerangan terang seperti lampu depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com