Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin Tinggi Kualitas Oli Mesin, Makin Panjang Masa Pakainya?

Kompas.com - 08/04/2023, 16:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar kabar bahwa semakin tinggi kualitas oli mesin maka masa pakainya bisa lebih panjang. Bahkan ada komunitas pengguna mobil yang kompak melakukan penggantian oli lebih panjang dari biasanya.

Fenomena tersebut menandakan suatu oli memang bisa digunakan dengan durasi yang lebih panjang. Banyak orang yang beranggapan kualitas oli mesin menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi.

Lantas, apakah benar semakin tinggi kualitas oli mesin maka semakin panjang masa pakainya?

Baca juga: Diskon Oli Mesin Mobil Jelang Mudik Lebaran

Perawatan wajib ganti oli mesinInnova Community Perawatan wajib ganti oli mesin

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan kualitas oli memang menentukan kemampuan atau keawetan masa pakainya, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

“Kualitas oli bisa diketahui dari melihat nilai API Service-nya, semakin tinggi kualitasnya maka kemampuan oli dalam melindungi mesin semakin baik, begitu juga dalam menunjang performa mesin, seperti efisiensi BBM dan tenaga,” ucap Brahma kepada Kompas.com, Sabtu (8/4/2023).

Sedangkan masa pakai oli, itu sebenarnya dari pabrikan memang menciptakan oli yang mampu digunakan sampai batas yang lebih tinggi dari ketentuan diler sebagai langkah antisipasi masyarakat.

Baca juga: Persiapan Mudik Lebaran, Ini Update Harga Oli Mesin Mobil April 2023

Oli mesin yang bercampur dengan air berwarna coklat keputihan seperti kopi susu.Kompas.com/Erwin Setiawan Oli mesin yang bercampur dengan air berwarna coklat keputihan seperti kopi susu.

“Misal suatu jenis oli dikatakan oleh diler wajib diganti setelah menempuh jarak 10.000 Km atau 6 bulan, tapi sebenarnya dari kualitas olinya sendiri masa pakainya bisa lebih,” ucap Brahma.

Hanya saja, selain kualitas olinya sendiri, ada faktor lain yang membuat oli mesin ini tidak sanggup digunakan dengan masa pakai yang panjang yaitu kontaminan.

“Kontaminan adalah aspek yang dapat membuat kualitas oli menurun, dan ini lebih berpengaruh secara statistik,” ucap Brahma.

Baca juga: Bolehkah Ganti Oli Mesin Sampai Melewati Batas Waktu?

Tanggal produksi oli mesinAstra Otoparts/Alfiyan Iqbal Tanggal produksi oli mesin

Justru yang membuat oli harus diganti, menurut Brahma adalah zat kontaminasi yang masuk ke dalam oli mesin.

“Kontaminan bisa berupa debu, partikel, air, bahan bakar dan lain sebagainya, hasil lab kami menunjukkan justru yang membuat oli harus ganti karena itu,” ucap Brahma.

Jadi, menurut Brahma kalau oli berkualitas tinggi mau dipakai sampai 20.000 Km bisa saja, tapi selaku pembuat oli Pertamina tidak menggembar-gemborkan hal itu, tapi menyerahkan hak tersebut kepada diler selaku pihak yang memiliki produk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com