Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menutup Pintu Mobil yang Benar, Jangan Dibanting

Kompas.com - 04/04/2023, 14:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain melihat kondisi jalan saat membuka pintu mobil, pengemudi atau penumpang perlu juga memperhatikan etika dalam menutup pintu. Secra aturan sebaiknya ditutup pelan-pelan, tidak dengan dibanting. 

Jika pintu ditutup paksa, akan membuat komponen pengait dan engsel bergeser atau rusak. Pintu mobil akan sulit untuk dibuka dan digunakan seperti biasanya. 

"Menutup pintu, jangan keras-keras karena ada beberapa komponen yang seperti dibanting. Engsel tertekan dan bisa macet, akibatnya pintu akan sulit dibuka, seret istilahnya," kata Ragil, Pemilik Bengkel Pintu Ragil, kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Baca juga: Adab Buka Pintu Mobil, Cek Spion dan Lihat Kondisi Belakang

Engsel pintu mobil itu dikhawatirkan terlepas atau tidak presisi. Hasilnya, pintu tidak bisa tertutup rapat. Kondisi itu juga biasanya ditandai pintu yang sulit untuk dibuka dan ditutup. 

Pintu mobil yang presisi jadi patokan mobil bebas lakaDicky Aditya Wijaya Pintu mobil yang presisi jadi patokan mobil bebas laka

Sementara itu, karet pintu juga akan mudah rusak karena mendapatkan tekanan yang berlebihan. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Otospector (@otospector)

"Pelan-pelan saja saat menutup, karet jika kempis itu pintu seperti berbenturan besi ketemu besi. Selain itu fungsinya juga untuk peredam suara asing biar di dalam kabin senyap," kata Ragil. 

Baca juga: Terlihat Sepele, Ini Pentingnya Menjaga Kondisi Lis Karet Pintu Mobil

Sementara itu, Kepala Bengkel Nissan Setiabudi Semarang Andika Herda Permana menyarankan agar pintu mobil diperlakukan penuh perasaan dan tidak kasar. 

"Pintu mobil sama seperti komponen lainnya, membutuhkan perawatan khusus. Biasanya komponen di dalamnya itu dilumasi dengan cairan khusus agar tidak berkarat. Termasuk, saat menggunakan, dibuka dan ditutup wajar, jangan full pakai tenaga," ucap Andika. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com