Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Berapa Kilometer Mobil Manual Harus Ganti Oli Transmisi?

Kompas.com - 27/03/2023, 03:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Oli transmisi manual berbeda dengan pelumas mesin. Karakternya lebih kental daripada yang ada di dapur pacu serta transmisi otomatis pada mobil.

Ditinjau dari beban kerjanya, oli transmisi manual ini hanya bertugas melumasi roda gigi dengan suhu kerja yang tidak terlalu tinggi. Berbeda dengan pelumas mesin bekerja dalam suhu tinggi.

Lantas, tiap berapa kilometer mobil harus ganti oli transmisi manual?

Baca juga: Jajal Generasi Baru Daihatsu Ayla 1.000 cc Transmisi Manual

Transmisi manual butuh perawatan ganti oliIST Transmisi manual butuh perawatan ganti oli

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo mengatakan penggantian oli transmisi manual bisa mengikuti buku panduan kepemilikan pada masing-masing mobil.

“Untuk transmisi manual interval penggantian olinya di 40.000 Km, atau mengikuti buku pedoman kepemilikan pada masing-masing mobil,” ucap Eko kepada Kompas.com, Minggu (26/3/2023).

Sementara itu, Foreman Kia Bintaro Asrofi mengatakan penggantian oli transmisi manual bisa lebih panjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Apa Benar Mobil Transmisi Manual Lebih Responsif daripada Matik?

Transmisi manual pada Daihatsu Ayla 1.0 X MT ADSKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Transmisi manual pada Daihatsu Ayla 1.0 X MT ADS

“Di buku pedoman servis, penggantian oli transmisi manual di 120.000 Km, tapi beberapa pelanggan ada yang minta ganti sebelum waktunya, itu lebih baik sebagai langkah preventif,” ucap Asrofi kepada Kompas.com, Minggu (26/3/2023).

Dia mengatakan oli transmisi manual lebih awet daripada oli transmisi matik ataupun oli mesin karena beban kerjanya lebih ringan.

“Oli transmisi manual itu murni sebagai pelumas mekanikal transmisi, sedangkan di transmisi matik oli juga sebagai fluida pemindah gaya, sehingga tugasnya ganda,” ucap Asrofi.

Baca juga: Keunggulan Mobil Transmisi Manual Dibandingkan Matik

Toyota GR Supra akan mendapat opsi sistem transmisi manualDok. Toyota Toyota GR Supra akan mendapat opsi sistem transmisi manual

Oli transmisi manual juga lebih awet disebabkan suhu kerjanya rendah, tidak seperti oli mesin ataupun untuk transmisi otomatis.

“Suhu kerja yang lebih rendah, serta karakter yang lebih kental membuat interval penggantian oli transmisi manual lebih panjang,” ucap Asrofi.

Jadi, wajar saja jika interval penggantian oli transmisi manual menurut Asrofi lebih panjang hingga 120.000 Km karena beban kerjanya yang lebih ringan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com