Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Paten Motor Listrik BMW Bergaya Sporty

Kompas.com - 24/03/2023, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gambar paten motor listrik dari BMW Motorrad bocor. Kabarnya, motor baru ini ditujukan untuk memperluas portofolio motor litrik BMW yang saat ini baru ada CE-04 yang bergaya skuter.

Dikutip dari Autocar India, pada gambar yang bocor tampak baterai, motor (dinamo) dan controller yang ada di dalam rangka. Motor yang digunakan juga seperti G310R, motor ringkas BMW Motorrad.

Memang soal desain belum pasti akan seperti apa. Tapi dari gambar paten ini bisa dikatakan kalau BMW sedang membuat prototipe motor listrik bergaya naked atau roadster, seperti E-Roadster yang pernah dipamerkan.

Baca juga: BMW Serahkan 17 Mobil BMW iX ke Konsumen Pertama

BMW Motorrad resmi melansir BMW CE 04. Foto: Visordown BMW Motorrad resmi melansir BMW CE 04.

Kalau diperhatikan dengan detail, komponen yang dipasang tampak diambil dari BMW CE-04. Jadi BMW Motorrad bisa menghemat pada sektor biaya dan tentunya waktu karena tidak perlu pengembangan lebih jauh.

Tapi dari gambar paten tersebut, terlihat BMW mencari cara untuk mengemas motor listrik bergaya sporty ini. Misal baterai, disimpan di tempat yang biasanya untuk mesin, karena cuma di situ saja posisi yang tersedia.

Kemudian di belakang baterai, dipasang motor listrik (dinamo). Kemudian untuk mengantarkan tenaga ke roda belakang, memanfaatkan belt atau sabuk.

Baca juga: Menolak Muda, Modifikasi Unik Toyota Innova Berwajah Kijang Super

Kalau misal nanti performa yang dimilik sama seperti CE-04, maka sudah terbayang berapa besar tenaganya. Skutir listrik BMW tersebut memiliki 20 TK (42 TK maksimum), punya akselerasi 0-50 Kpj diklaim dalam 2,6 detik.

Sedangkan kecepatan puncak dari skutik CE-04 tersebut diklaim 120 Kpj. Baterai yang digunakan sebesar 8,9 kWh dan bisa melaju sekitar 130 Km.

Soal tempat penyimpanan, sepertinya akan memanfaatkan ruangan yang biasanya difungsikan sebagai tangki BBM. Bisa dilihat dari paten tersebut, BMW sedang menyiapkan motor listrik untuk segmen lain.

Tapi soal harga, tentu akan lebih mahal dari BMW G310R yang digadang jadi basisnya. Jadi mari kita tunggu akan seperti apa tampilan motor listrik BMW kalau memakai model sporty, apakah tetap futuristis?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com