Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Toyota Agya GR Sport Full Spek Balap

Kompas.com - 14/03/2023, 18:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Jakarta Auto Week 2023, Toyota Astra Motor resmi mengumumkan harga dari Toyota Agya dan Agya GR Sport. Rentang harganya mulai Rp 167,9 juta sampai Rp 253,5 juta.

Selain dipamerkan beberapa unit yang bisa dilihat langsung oleh pengunjung, dibawa juga Agya GR Sport yang sudah dimodifikasi bergaya balap. Tampaknya mobil ini akan ikut balap di ISSOM musim yang akan datang.

Secara tampilan eksterior, Agya GR Sport yang dimodifikasi bergaya balap itu tidak banyak berubah. Bisa dilihat dari bagian bodinya yang serupa dengan Agya GR Sport standar.

Baca juga: Ayla dan Agya, Serupa tapi Tak Sama

Toyota Agya GR Sport bergaya balap ISSOM di JAW 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota Agya GR Sport bergaya balap ISSOM di JAW 2023

Bedanya tentu ada di bagian kaki-kaki, di mana terlihat sudah sangat ceper. Pelek juga diganti dari yang standar jadi pakai merek TRD yang bisa saja lebih ringan dibalut dengan ban balap, sektor pengereman juga sudah memakai piringan yang berulir.

Tentu pada sektor suspensi seharusnya sudah diganti dengan model yang bisa disetel. Jadi bisa disesuaikan dengan setelan yang diinginkan pebalap saat turun di ISSOM nanti.

Pada bagian bodi luar juga sudah dibalut dengan livery Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) yang mirip dengan yang dipakai tim slalom TGRI. Sedangkan kalau melihat Agya yang dipakai di seri perdana ISSOM 2023, corak livery-nya berbeda.

Baca juga: Beli Suzuki Jimny Tanpa Inden, Lebih Mahal Rp 100 Juta

Toyota Agya GR Sport bergaya balap ISSOM di JAW 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota Agya GR Sport bergaya balap ISSOM di JAW 2023

Beralih ke bagian kabin, hampir semua komponen dicabut, seperti plafon, karpet dasar, dan bangku penumpang. Jadi hanya menyisakan bangku driver yang sudah diganti model balap dan dasbor serta door trim.

Sebagai komponen keselamatan, Agya GR Sport bergaya balap ini juga sudah dipasang dengan roll cage. Tapi pada bagian komponen yang ada di kabin dipasang stiker bermotif forged carbon yang sebenarnya bisa mengganggu pandangan pebalap saat beraksi.

Kemudian di bagian dasbor, di mana tempat head unit diganti jadi tombol kendali. Misalnya ada kill switch, start engine, dan komponen lainnya.

Sedangkan di bagian instrument cluster, sudah tidak memakai bawaannya, tapi ada model yang khusus balap, dipasang tepat di depannya. Begitu juga setir sudah diganti model balap yang dibalut bahan alcantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com